DI SD, SMP DAN SMA
Makalah ini Disusun Sebagai Salah Satu Tugas
Mata Kuliah “Telaah Kurikulum”
Dosen Pengampu :
Dr. Nur Ahid, M.Ag
Disusun Oleh :
Mochamad Badrusalim (9321 052 08)
Erma Rahayu (9321 005 08)
JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2011
Bab I
Pendahuluan
Latar Belakang
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pengajaran, serta cara yang digunakan dalam menyelenggarakan belajar mengajar (UU No. 2 Tahun 1989).Kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan di sekolah, hal ini berarti bahwa kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan atau pembelajaran.
Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan.
Struktur kurikulum merupakan pola atau susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.kedalaman muatan kurikulum setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum
Rumusan Masalah
Bagaimana Pengertian Struktur Kurikulum?
Bagaimana Struktur Kurikulum di SD, SMP dan SMA?
Pembahasan
Pengertian Struktur kulikulum
Struktur kurikulum merupakan pola atau susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.kedalaman muatan kurikulum setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.1
Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah mencakup struktur kurikulum pendidikan umum, struktur kurikulum pendidikan kejuruan dan struktur kurikulum pendidikan khusus.2
Struktur Kurikulum Pendidikan Umum
Struktur Kurikulum SD/MI
Struktur kurikulum SD/MI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI
Struktur Kurikulum SMP
Struktur kurikulum SMP meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX.
Struktur Kurikulum SMA
Struktur kurikulum SMA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII.
Struktur Kurikulum Pendidikan Kejuruan
Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Mata pelajaran Dasar Kejuruan terdiri atas beberapa mata pelajaran yang bertujuan untuk menunjang pembentukan kompetensi kejuruan dan pengembangan kemampuan menyesuaikan diri dalam bidang keahliannya.
Struktur Kurikulum Pendidikan Khusus
Kurikulum Pendidikan Khusus terdiri atas 8 sampai dengan 10 mata pelajaran, muatan lokal, program khusus, dan pengembangan diri.3
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada pasal 6 ayat (1) Menyatakan bahwa Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut .
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kelompok mata pelajaran estetika.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.
Struktur Kurikulum di SD, SMP dan SMA
Struktur Kurikulum di SD
Struktur kurikulum SD/MI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI. Struktur kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
Kurikulum SD/MI memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
Pembelajaran pada Kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.4
Struktur kurikulum SD
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | |||
I | II
| III | IV, V, dan VI | |
A. Mata Pelajaran |
Pendekatan Tematik
Pendekatan Tematik
| 3 | ||
1. Pendidikan Agama | ||||
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |||
3. Bahasa Indonesia | 5 | |||
4. Matematika | 5 | |||
5. Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | |||
6. Ilmu Pengetahuan Sosial | 3 | |||
7. Seni Budaya dan Keterampilan | 4 | |||
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 4 | |||
B. Muatan Lokal | 2 | |||
C. Pengembangan Diri | 2*) | |||
Jumlah | 26 | 27 | 28 | 32 |
*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Struktur Kurikulum di SMP
Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SMP meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.5
Kurikulum SMP/MTs memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.6
Muatan Kurikulum
Mata Pelajaran Wajib
Muatan Lokal
Pengembangan Diri
Pengaturan Beban Belajar
Ketuntasan Belajar
Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global 7
Struktur Kurikulum SMP
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | ||
VII | VIII | IX | |
A. Mata Pelajaran |
|
|
|
1. Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4. Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
5. Matematika | 4 | 4 | 4 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
8. Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal | 2 | 2 | 2 |
C. Pengembangan Diri | 2*) | 2*) | 2*) |
Jumlah | 32 | 32 | 32 |
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Struktur Kurikulum di SMA
Struktur kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.8
Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas empat program: (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Program Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) Program Bahasa, dan (4) Program Keagamaan, khusus untuk MA.9
Kurikulum SMA/MA Kelas X
Kurikulum SMA/MA Kelas X terdiri atas 16 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.10
Struktur Kurikulum SMA Kelas X
Komponen | Alokasi Waktu | |
Semester 1 | Semester 2 | |
A. Mata Pelajaran |
|
|
1. Pendidikan Agama | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4 | 4 |
4. Bahasa Inggris | 4 | 4 |
5. Matematika | 4 | 4 |
6. Fisika | 2 | 2 |
7. Biologi 8. Kimia | 2 2 | 2 2 |
9. Sejarah 10. Geografi 11. Ekonomi 12. Sosiologi | 1 1 2 2 | 1 1 2 2 |
13. Seni Budaya | 2 | 2 |
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 |
15. Teknologi Informasi dan Komunikasi 16. Keterampilan/Bahasa Asing | 2 2 | 2 2 |
B. Muatan Lokal | 2 | 2 |
C. Pengembangan Diri | 2*) | 2*) |
Jumlah | 38 | 38 |
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Kurikulum SMA Kelas XI dan XII Program IPS
Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII Program IPA, Program IPS, Program Bahasa, dan Program Keagamaan terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.11
Struktur Kurikulum SMA Kelas XI dan XII program IPA
Komponen | Alokasi Waktu | |||
Kelas XI | Kelas XII | |||
Smt 1 | Smt 2 | Smt 1 | Smt 2 | |
A. Mata Pelajaran
|
2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 1 | 1 | 1 | 1 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal | 2 | 2 | 2 | 2 |
C. Pengembangan Diri | 2*) | 2*) | 2*) | 2*) |
Jumlah | 39 | 39 | 39 | 39 |
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Struktur Kurikulum SMA Kelas XI dan XII program IPS
Komponen | Alokasi Waktu | |||||
Kelas XI | Kelas XII | |||||
Smt 1 | Smt 2 | Smt 1 | Smt 2 | |||
|
2 |
2 |
2 |
2 | ||
| 2 | 2 | 2 | 2 | ||
| 4 | 4 | 4 | 4 | ||
| 4 | 4 | 4 | 4 | ||
| 4 | 4 | 4 | 4 | ||
| 3 | 3 | 3 | 3 | ||
| 3 | 3 | 3 | 3 | ||
| 4 | 4 | 4 | 4 | ||
| 3 | 3 | 3 | 3 | ||
| 2 | 2 | 2 | 2 | ||
| 2 | 2 | 2 | 2 | ||
| 2 | 2 | 2 | 2 | ||
| 2 | 2 | 2 | 2 | ||
| 2 | 2 | 2 | 2 | ||
| 2*) | 2*) | 2*) | 2*) | ||
Jumlah | 39 | 39 | 39 | 39 | ||
| 13. Bahasa Arab2222 | |||||
| 2222B. Muatan Lokal (konservasi dan pemberdayaan potensi bahari) | |||||
| C. Pengembangan Diri2*)2*)2*)2*) |
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Struktur Kurikulum SMA Kelas XI dan XII program Bahasa
Komponen | Alokasi Waktu | |||
Kelas XI | Kelas XII | |||
Smt 1 | Smt 2 | Smt 1 | Smt 2 | |
|
2 |
2 |
2 |
2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 5 | 5 | 5 | 5 |
| 5 | 5 | 5 | 5 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 4 | 4 | 4 | 4 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2*) | 2*) | 2*) | 2*) |
Jumlah | 39 | 39 | 39 | 39 |
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Bab III
Kesimpulan
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut .
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kelompok mata pelajaran estetika.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”. Pembelajaran pada Kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
Daftar Pustaka
http://www.aguschandra.com/2010/10/silabus-rpp-ktsp-smp/.Diakses 25 Maret 2011
http://ktsp.wordpress.com/2006/11/07/silabus-smama/.Diakses 25 Maret 2011.
http://halil-pkn.blogspot.com/2009/10/silabus-pai-sma.html.Diakses 25 Maret 2011
http://sb.tigaserangkai.com/index.php?action=generic_content.main&id_gc=143. Diakses 25 Maret 2011
http://os2kangkung.blogspot.com/2009/06/silabus-dan-rpp-pai-kls-xi-sma.html Minggu, Juni 28, 2009
Mulyasa,E.Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan:Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah.Jakarta:Bumi Aksara,2009.
---------Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan:Sebuah Panduan Praktis.Bandung:Remaja Rosdakarya,2009.
Silabus dan RPP Pendidikan Agama Islam DSN Ngronggo 2
Silabus dan RPP Pendidikan Agama Islam Kelas VII, VIII dan IX SMPN 2 Kediri Tahun Ajaran 2010-2011
Soeparno dan Ngadiyanto.Mutiara Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam Jilid 1 untuk kelas VII.Solo: PT Tiga Serangkai.2007.
Syamsuri.Pendidkan Agama Islam SMA Jilid 1 untuk Kelas X berdasarkan Standar Isi 2006. Jakarta:Penerbit Erlangga,2007.
Soepardjo dan Ngadiyanto.Mutiara Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam 2 untuk Kelas VIII SMP. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2007.
End note
1 E Mulyasa.Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan:Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah(Jakarta:Bumi Aksara,2009),251.
2 ,http://cokelatgelap.blogspot.com/2010/05/kurikulum-dalam-pendidikan.html Jumat, 28 Mei 2010, Diakses 30 Maret 2011
3 Ibid.
4 E Mulyasa.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan:Sebuah Panduan Praktis(Bandung:Remaja Rosdakarya,2009),50-51.
6 Mulyasa.Kurikulum Tingkat.,52-53.
7 http://os2kangkung.blogspot.com/2009/08/contoh-kurikulum-model-ktsp-smpmts.html.Selasa, Agustus 25, 2009.Diakses 31 Maret 2011.
8 jokosby.files.wordpress.com/2008/02/pendahuluan.doc.Diakses 30 Maret 2011.
9 Ibid.
10 Mulyasa.Kurikulum Tingkat.,55.
11 Ibid.,57.
0 komentar:
Post a Comment