STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (MI)
1. Al-Qur'an-Hadis
Kelas I, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
Kelas I, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
makhrajnya
|
|
|
|
|
|
secara sederhana |
|
|
|
lingkungannya |
Kelas II, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas II, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 4.1 Melafalkan surat al-Kaafirun, al-Maa’un, al-Fiil, al-‘Ashr, dan surat al-Qadr secara benar dan fasih |
|
|
| 5.1 Menerjemahkan hadis tentang hormat kepada orang tua secara sederhana |
| 5.2 Menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua |
|
|
Kelas III, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Membaca surat al-Humazah, at-Takaatsur, dan al-Zalzalah secara benar dan fasih |
| 1.2 Menghafalkan surat al-Humazah, at-Takaatsur, dan al-Zalzalah secara benar dan fasih
|
| 2.1 Memahami bacaan ghunnah, “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah” |
|
“Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah” |
| 3.1 Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah |
| 3.2 Menerapkan perilaku salat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
Kelas III, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 7.1 Menghafalkan hadis tentang persaudaraan |
| 7.2 Menerapkan perilaku persaudaraan dengan sesama |
|
|
Kelas IV, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih
| 1.1 Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah secara benar dan fasih |
|
|
2. Memahami arti surat-surat pendek |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas IV, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
4. Memahami arti surat pendek dan hadis tentang niat dan silaturahmi |
|
|
|
| 4.3 Menerjemahkan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi |
| 4.4 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi secara sederhana |
5. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid | 5.1 Memahami hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab |
|
|
|
|
Kelas V, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami arti surat pendek |
|
|
|
2. Memahami arti hadis tentang menyayangi anak yatim | 2.1 Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim |
|
|
|
|
Kelas V, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
3. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih |
|
|
|
4. Memahami arti surat pendek
|
|
|
|
5. Memahami arti hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik |
|
| 5.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik secara sederhana |
|
|
Kelas VI, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghafal surat pendek secara benar dan fasih |
|
|
|
2. Memahami arti surat pendek pilihan |
|
|
|
3. Memahami hadis tentang keutamaan memberi
|
|
|
|
|
|
Kelas VI, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
4. Menghafalkan surat pendek secara benar dan fasih |
|
|
|
5. Memahami arti arti hadis tentang amal salih
|
|
|
|
|
|
2. Fikih
Kelas I, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal lima rukun Islam | 1.1 Menyebutkan lima rukun Islam 1.2 Menghafalkan syahadatain dan artinya
|
2. Mengenal tata cara bersuci dari najis | 2.1 Menjelaskan pengertian bersuci dari najis 2.2 Menjelaskan tata cara bersuci dari najis 2.3 Menirukan tata cara menyucikan najis. 2.4 Membiasakan hidup suci dan bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas I, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
3. Mengenal tata cara wudu
|
|
4. Mengenal tata cara salat fardu | 4.1 Menyebutkan macam-macam salat Fardu 4.2 Menirukan gerakan salat fardu 4.3 Menghafal bacaan salat fardu |
|
|
Kelas II, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mempraktikkan salat fardu
| 1.1 Menyebutkan ketentuan tata cara salat fardu 1.2 Mempraktikkan keserasian gerakan dan bacaan salat fardu |
2. Mengenal azan dan iqamah
| 2.1 Menyebutkan ketentuan azan dan iqamah 2.2 Melafalkan azan dan iqamah 2.3 Mempraktikkan azan dan iqamah |
Kelas II, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
3. Mengenal tata cara salat berjamaah | 3.1 Menjelaskan ketentuan tata cara salat berjamaah 3.2 Menirukan salat berjamaah |
4. Melakukan zikir dan doa | 4.1 Melafalkan zikir setelah salat fardu 4.2 Melafalkan doa setelah salat fardu
|
|
|
Kelas III, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal salat sunah rawatib
| 1.1 Menjelaskan ketentuan salat sunah rawatib 1.2 Mempratikkan tata cara salat rawatib |
2. Mengenal salat Jumat | 2.1 Mengenal ketentuan salat Jumat 2.2 Membiasakan mengikuti salat Jumat
|
3. Mengenal tata cara salat bagi orang yang sakit | 3.1 Menjelaskan tata cara salat bagi orang yang sakit 3.2 Mendemonstrasikan cara salat dalam keadaan sakit |
|
|
Kelas III, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal puasa Ramadan | 1.1 Menjelaskan ketentuan puasa Ramadan 1.2 Menyebutkan hikmah puasa Ramadan |
2. Mengenal amalan-amalan di bulan Ramadan
| 2.1 Menjelaskan ketentuan salat tarawih 2.2 Menjelaskan ketentuan salat witir 2.3 Menjelaskan keutamaan-keutamaan yang ada dalam bulan Ramadan
|
|
|
Kelas IV, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengetahui ketentuan zakat
| 1.1 Menjelaskan macam-macam zakat 1.2 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah 1.3 Mempraktekkan tata cara zakat fitrah |
2. Mengenal ketentuan infak dan sedekah | 2.1 Menjelaskan ketentuan infak dan sedekah 2.2 Mempraktikkan tata cara infak dan sedekah |
|
|
Kelas IV, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
3. Mengenal ketentuan salat Id | 3.1 Menjelaskan macam-macam salat Id 3.2 Menjelaskan ketentuan salat Id 3.3 Mendemonstrasikan tata cara salat Id
|
|
|
Kelas V, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram. | 1.1 Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram 1.2 Menjelaskan binatang yang halal dan haram dagingnya 1.3 Menjelaskan manfaat makanan dan minuman halal 1.4 Menjelaskan akibat makanan dan minuman haram
|
Kelas V, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
2. Mengenal ketentuan kurban | 2.1 Menjelaskan ketentuan kurban 2.2 Mendemonstrasikan tata cara kurban
|
3. Mengenal tata cara ibadah haji | 3.1 Menjelaskan tata cara haji 3.2 Mendemonstrasikan tata cara haji
|
|
|
Kelas VI, Semester 1 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal tata cara mandi wajib | 1.1 Menjelaskan ketentuan mandi wajib setelah haid |
2. Mengenal ketentuan khitan
| 2.1 Menjelaskan ketentuan khitan 2.2 Menjelaskan hikmah khitan |
|
|
Kelas VI, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
3. Mengenal ketentuan jual beli dan pinjam meminjam. | 3.1 Menjelaskan tata cara jual beli dan pinjam meminjam 3.2 Mempraktikkan tata cara jual beli dan pinjam meminjam
|
3. Akidah-Akhlak
Kelas I, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Menghafal enam rukun iman 1.2 Menghafal dua kalimat syahadat 1.3 Mengartikan dua kalimat syahadat 1.4 Mengenal sifat-sifat Allah (al-Ahad dan al-Khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim AS mencari Tuhannya
|
| 2.1 Membiasakan berakhlak terpuji: hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari. 2.2 Adab mandi dan berpakaian
|
|
|
|
|
Kelas I, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’al husna (ar-Rahman, ar-Rahiim dan as-Sami’) |
|
|
| 6.1 Membiasakan diri untuk menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas II, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (hamdalah) 1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamiid, dan asy-Syakuur) 1.3 Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap salat lima waktu
|
| 2.1 Membiasakan bersikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Membiasakan berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum, dan bersin dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
Kelas II, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Subhanallaah, Maasyaallah) 1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mushawwir, al-Haliim, dan al-Kariim)
|
2. Beriman kepada malaikat-malaikat Allah | 2.1 Mengenal malaikat-malaikat Allah
|
3. Membiasakan akhlak terpuji | 3.1 Membiasakan sifat rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari 3.2 Membiasakan berakhlak baik terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail
|
4. Menghindari akhlak tercela | 4.1 Menghindari sikap bodoh, pemarah, kikir, dan boros
|
|
|
Kelas III, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
8. Menghindari akhlak tercela | 8.1 Menghindari sifat khianat, iri, dan dengki melalui kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS
|
Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun) 1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)
|
|
|
| 3.1 Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari 3.2 Membiasakan sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan melelui kisah Mashithah
|
4. Menghindari akhlak tercela |
|
Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (assalaamu’alaikum) 5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-Asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)
|
|
|
| 7.1 Membiasakan akhlak sidik, amanah, tablig, fatanah dalam kehidupan sehari-hari 7.2 Membiasakan akhlak terpuji terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari 7.3 Mencintai dan meneladani akhlak mulia lima Rasul Ulul Azmi
|
8. Menghindari akhlak tercela | 8.1 Menghindari sifat munafik dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Alhamdulillaah dan Allahu Akbar) 1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)
|
| 2.1 Mengenal adanya hari akhir (kiamat)
|
| 3.1 Membiasakan sikap optimis, qanaah, dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari 3.2 Membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum
|
4. Menghindari akhlak tercela | 4.1 Menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
5. Memahami kalimat thayyibah (tarji’) dan al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit) | 5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (tarji’) 5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)
|
6. Membiasakan akhlak terpuji
| 6.1 Membiasakan sikap teguh pendirian dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari 6.2 Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
|
7. Menghindari akhlak tercela |
kikir dan serakah melalui kisah Qarun
|
Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (astaghfirullaahal‘aziim) 1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) |
| 2.1 Mengenal adanya Qada dan Qadar Allah (takdir)
|
| 3.1 Membiasakan sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
Kelas VI, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (taubat) 5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim)
|
| 6.1 Membiasakan sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisah Nabi Adam AS 6.2 Membiasakan berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari. |
4. Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam | 1.1 Menceritakan kondisi alam, sosial, dan perekonomian masyarakat Arab pra-Islam |
| 1.2 Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam |
|
|
Kelas III, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW | 2.1 Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW |
| 2.2 Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW |
| 2.3 Mengambil ibrah dari kenabian dan kerasulan Muhammad SAW
|
3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW | 3.1. Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW 3.2 Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Muhammad SAW
|
Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya
| 1.1 Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya |
| 1.2 Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam berdakwah |
| 1.3 Meneladani ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah |
2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW | 2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam |
| 2.2 Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam |
| 2.3 Meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah
| 3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah |
| 3.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah |
|
|
4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW | 4.1 Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW |
|
|
Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
| 1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib |
| 1.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib |
| 1.3 Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW | 2.1 Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan) |
|
|
Kelas V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
3. Mengenal peristiwa Fathu Makkah
| 3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah |
| 3.2 Menceritakan kronologi peristiwa Fathu Makkah |
| 3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu Makkah
|
4. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW | 4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW 4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
|
Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq | 1.1 Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin |
| 1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam |
| 1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq |
| 1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq
|
2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khattab | 2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam |
| 2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab. |
| 2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab |
3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan
| 3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam |
| 3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan |
| 3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan
|
Kelas VI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
4. Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib | 4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib |
| 4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib |
| 4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib |
5. Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing. | 5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing |
| 5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing |
| 5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing |
5. Bahasa Arab
Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | |
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi | 1.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة |
| 1.2 | Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة |
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi | 2.1 | Melakukan dialog sederhana tentang التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة |
| 2.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة |
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
| 3.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة |
| 3.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة |
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
| 4.1 | Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف |
| Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi اسم إشارة + اسم مفرد/علم dan ضمائر (أنا، أنت، أنتِ، هو، هي) + اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم |
Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | |
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga | 5.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang العنوان، الأسرة، الحياة العائلية |
| 5.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang العنوان، الأسرة، الحياة العائلية
|
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga | 6.1 | Melakukan dialog sederhana tentang العنوان، الأسرة، الحياة العائلية |
| 6.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang العنوان، الأسرة، الحياة العائلية |
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga | 7.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang العنوان، الأسرة، الحياة العائلية |
| 7.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang العنوان، الأسرة، الحياة العائلية |
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
| 8.1 | Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang العنوان، الأسرة، الحياة العائلية |
| Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi الأرقام 1-10 وضمير متصل مفرد مذكر أو مؤنث
|
Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | |
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun. | 1.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat ) tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
| 1.2 | Memahami makna kata informasi tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun. | 2.1 | Melakukan dialog sederhana tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
| 2.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun. | 3.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
| 3.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang lingkungan rumah dan kebun.
| 4.1 | Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
| Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi هذا/هذه + ال + اسم + اسم صفة |
Kelas V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | |
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin. | 5.1 | Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang في المدرسة، في المكتبة، في المقصف |
| 5.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang في المدرسة، في المكتبة، في المقصف |
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin. | 6.1 | Melakukan dialog sederhana tentang في المدرسة، في المكتبة، في المقصف |
| 6.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang في المدرسة، في المكتبة، في المقصف |
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin. | 7.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang في المدرسة، في المكتبة، في المقصف |
| 7.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang في المدرسة، في المكتبة، في المقصف |
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin.
| 8.1 | Menyusun kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang في المدرسة، في المكتبة، في المقصف |
| Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi مبتدأ + خبر + ظرف أو جار ومجرور أو خبر مقدّم + مبتدأ مؤخّر+ نعت |
Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | |
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari | 1.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang الأعمال اليومية، الساعة |
| 1.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang الأعمال اليومية، الساعة |
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari
| 2.1 | Melakukan dialog sederhana tentang الأعمال اليومية، الساعة |
| 2.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الأعمال اليومية، الساعة |
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang kegiatan sehari-hari | 3.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang الأعمال اليومية، الساعة |
| 3.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang الأعمال اليومية، الساعة |
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang kegiatan sehari-hari
| 4.1 | Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang الأعمال اليومية، الساعة |
| Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به |
Kelas VI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | |
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan | 5.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang الرحلة، الواجب المنـزليّ |
| 5.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang الرحلة، الواجب المنـزليّ |
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan | 6.1 | Melakukan dialog sederhana tentang الرحلة، الواجب المنـزليّ |
| 6.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الرحلة، الواجب المنـزليّ |
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan | 7.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang الرحلة، الواجب المنـزليّ |
| 7.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang الرحلة، الواجب المنـزليّ |
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang kegiatan yang telah dilakukan | 8.1 | Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang الرحلة، الواجب المنـزليّ |
| Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi فعل ماض + فاعل + مفعول به |
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (MTs)
Al-Qur’an-Hadis
a. Kelas VII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Memahami al-Qur'an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup
Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an dan al-Hadis
Menjelaskan cara-cara menfungsikan al-Qur'an dan al-Hadis
Menerapkan al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Islam
Mencintai al-Qur'an dan al-Hadis
Menjelaskan cara mencintai al-Qur'an dan al-Hadis
Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Qur'an dan al-Hadis
Menerapkan perilaku mencintai al-Qur'an dan al-Hadis dalam kehidupan
Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah
Memahami isi kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah
Menerapkan kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas dalam kehidupan sehari-hari
Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
Menulis hadis tentang iman dan ibadah
Menerjemahkan makna hadis tentang iman dan ibadah
Menghafalkan hadis tentang iman dan ibadah
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
Menerapkan isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
b. Kelas VII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
1.1 Menerapkan hukum bacaan mim sukuun dalam QS al-Bayyinah dan al-Kafirun
2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi
2.1 Memahami isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi
2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang membangun kehidupan umat beragama dalam fenomena kehidupan
2.3 Menerapkan kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah
3.1 Memahami isi kandungan QS al-Lahab dan an-Nashr tentang problematika dakwah
3.2. Menerapkan kandungan QS al-Lahab dan an-Nashr dalam kehidupan sehari-hari
c. Kelas VIII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, tafkhim, dan mad ‘aridh lissukun dalam al-Qur’an
Menerapkan hukum bacaan nun mati, dan mim mati dalam al-Qur'an
Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rezeki dari Allah
Memahami isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah tentang ketentuan rezeki dari Allah
Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah
tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
Menerapkan isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah
tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial
Memahami isi kandungan QS al-Kautsar dan al-Maa’un tentang kepedulian sosial
Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Kautsar dan al-Maa’un tentang kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan
Memahami hadis tentang tolong- menolong dan mencintai anak yatim
Menulis hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim
Menerjemahkan makna hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim
Menghafal hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku tolong menolong dan mencintai anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
d. Kelas VIII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
Menerapkan hukum bacaan lam dan ra' dalam QS al-Humazah dan at-Takaatsur
Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)
Memahami isi kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur
Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan
Menerapkan kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
Memahami hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
3.1 Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
3.2 Menerjemahkan makna hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
4.3 Menghafal hadis tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akhirat
5.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
e. Kelas IX, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Membaca al-Qur'an surat pendek
Pilihan
Menerapkan hukum mad silah dalam QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah
Menerapkan hukum mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur'an
Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam
Memahami isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam
Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan
Menerapkan kandungan al-Qaari’ah, al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
Memahami hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menulis hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menerjemahkan makna hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menghafal hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
f. Kelas IX, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
1.1 Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ra' dalam QS al-Ashr dan al-‘Alaq
1.2 Menerapkan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf harfi dan mutsaqqal harfi dalam al-Qur'an
Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
2.1 Memahami isi kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan
2.3 Menerapkan kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan sehari-hari
Memahami hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.1 Menulis hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.2 Menerjemahkan makna menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.3 Menghafal hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
Akidah-Akhlak
a. Kelas VII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
1.1
Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
1.2
Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam
1.3
Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan
1.4
Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
2.1
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
2.2
Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
2.3
Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
2.4
Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
1.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
1.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan
1.4
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
b. Kelas VII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
Memahami al-asma' al-husna
1.1
Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
1.2
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
1.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
1.4
Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari
Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat
2.1
2.2
2.3
2.4
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
Akhlak
Menghindari akhlak tercela kepada Allah
3.1
Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya' dan nifaaq
3.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya' dan nifaaq dalam fenomena kehidupan
3.4
Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya' dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari
c. Kelas VIII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
1.3
Menjelaskan macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah SWT
1.4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
1.1
1.2
1.3
1.4
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri
2.1
Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
2.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
2.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur
2.4
Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur
d. Kelas VIII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
1.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT
1.3
Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT
1. 4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan
Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.1
Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.2
Menunjukkan hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama
1.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
1.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam fenomena kehidupan
1.4
Membiasakan perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari
2. Menghindari akhlak tercela kepada sesama
2.1
Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
2.2
Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
2.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
2.4
Membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari
Kelas IX, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir
1.3
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir
1.4
Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
1.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
1.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
1.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan
1.4
Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari
f. Kelas IX, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qada dan Qadar
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar
1.3
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar
1.4
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.
1.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.3
Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
1.4
Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
Fikih
a. Kelas VII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)
Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )
1.2 Menjelaskan hadas kecil dan tatacara taharahnya
1.3 Menjelaskan hadas besar dan tatacara taharahnya
1.4 Mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas
Melaksanakan tatacara salat fardu dan sujud sahwi
Menjelaskan tatacara salat lima waktu
Menghafal bacaan-bacaan salat lima waktu
Menjelaskan ketentuan waktu salat lima waktu
Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi
Melaksanakan tatacara azan, iqamah ,salat jamaah
3.1 Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah
3.2 Menjelaskan ketentuan salat berjamaah
3.3 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
3.4 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
3.5 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal
3.6 Mempraktikkan azan, iqamah, dan salat jamaah
Melaksanakan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
4.1 Menjelaskan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
4.2 Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah salat
4.3 Mempraktikkan zikir dan doa
b. Kelas VII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah Jumat
1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat Jumat
1.2 Menjelaskan ketentuan salat jenazah
1.3 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah
1.4 Mempraktikkan salat jenazah
Melaksanakan tatacara salat jama’, qhasar, dan jama’ qasar serta salat dalam keadaan darurat
2.1 Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
2.2 Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
2.3 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
2.4 Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Melaksanakan tatacara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad
Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad
Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad
Mempraktikkan salat sunnah muakkad
Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad
Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad
Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
c. Kelas VIII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Melaksanakan tata cara sujud di luar salat
Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan tilawah
Mempraktikkan sujud syukur dan
tilawah
Melaksanakan tatacara puasa
Menjelaskan ketentuan puasa
Menjelaskan macam-macam puasa
Melaksanakan tatacara zakat
3.1 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat maal
3.2 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
3.3 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan maal
d. Kelas VIII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Memahami ketentuan pengeluaran harta di luar zakat
1.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah
1.2 Mempraktikkan sedekah, hibah dan hadiah
Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
2.1 Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah
2.2 Menjelaskan macam-macam haji
2.3 Mempraktikkan tatacara ibadah haji dan umrah
Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman
2.1 Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman halal
2.2 Menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman halal
2.3 Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman haram
2.4 Menjelaskan bahayannya mengkonsumsi makanan dan minuman haram
Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan
e. Kelas IX, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami tata cara penyembelihan, kurban, dan akikah
1.1 Menjelaskan ketentuan penyembelihan
binatang
1.2 Menjelaskan ketentuan kurban
1.3 Menjelaskan ketentuan akikah
1.4 Mempraktikkan tatacara kurban dan
akikah
Memahami tentang muamalah
2.1 Menjelaskan ketentuan jual beli
2.2 Menjelaskan ketentuan qiradh
2.3 Menjelaskan jenis-jenis riba
2.4 Mendemonstrasikan ketentuan pelaksanaan jual beli, qiradh, dan riba
f. Kelas IX, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami muamalah di luar jual beli
1.1 Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam
1.2 Menjelaskan ketentuan utang piutang, gadai, dan borg
1.3 Menjelaskan ketentuan upah
1.4 Mendemonstrasikan ketentuan tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
2. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
2.1 Menjelaskan ketentuan tentang pengurusan jenazah, takziyah dan ziarah kubur
2.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si mayat (waris)
2.3 Mempraktikkan tatacara pengurusan jenazah
Sejarah Kebudayaan Islam
a. Kelas VII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Memahami sejarah kebudayaan Islam
Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.3 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
b. Kelas VII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
1.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
1.3 Meneladani gaya kepemimpinan
Khulafaurrasyidin
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5 Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz
c. Kelas VIII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.1 Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
1.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah
d. Kelas VIII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.1 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah
2.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5 Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi
e. Kelas IX, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3 Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
1.4 Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
f. Kelas IX, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
1.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
Bahasa Arab
a. Kelas VII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
التعارف - المدرسة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
التعارف - المدرسة
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
Melakukan dialog sederhana tentang
التعارف - المدرسة
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
التعارف - المدرسة
Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
Menemukan makna, gagasan atau pikiran
dari wacana tertulis sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang
التعارف - المدرسة
Mengungkapkan informasi dan gagasan secara
ertulis dalam kalimat sederhana tentang
التعارف – المدرسة
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat
(مبتدأ + خبر ), dengan مبتدأ yang meliputi: (ضمير مفرد، إشارة مفرد) dan خبر yang meliputi kata sifat, termasuk warna dan
أدوات جرّ
b. Kelas VII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
Menemukan informasi dari wacana lisan
sederhana tentang :
البيت - الأسرة - العنوان
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
البيت - الأسرة - العنوان
Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran
dari wacana tertulis sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal
4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
خبر مقدم - مبتدأ مؤخر - نعت - خبر (فعل مضارع للمفرد) - عدد (رقم) : 1 - 100
c. Kelas VIII, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah
4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat:
جملة اسمية – مفعول به – جملة فعلية
d. Kelas VIII, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الهواية - المهنة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الهواية - المهنة
1.1 Melakukan dialog sederhana tentang:
الهواية - المهنة
1.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
االهواية - المهنة
2. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
الهواية - المهنة
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة
3. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi
3.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
الهواية - المهنة
Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
الهواية - المهنة
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع - فعل مضارع + مصدر مؤول
e. Kelas IX, Semester 1
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
المناسبات الدينية
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan
sederhana tentang :
المناسبات الدينية
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
المناسبات الدينية
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
المناسبات الدينية
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
المناسبات الدينية
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan
3.1. Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
المناسبات الدينية
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
المناسبات الدينية
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
المناسبات الدينية
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagamaan
4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang :
المناسبات الدينية
4.2Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
المناسبات الدينية
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
لا الناهية – لم – الفعل الماضي في الجملة الفعلية
f. Kelas IX, Semester 2
-
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata
2.1. Melakukan dialog sederhana tentang :
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang berwisata.
4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
المجرد والمزيد - فعل الأمر - اسم التفضيل – الموصول
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (MA)
1. Al-Qur'an-Hadis
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Kelas X, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
3.2 Menunjukkan contoh fungsi hadis terhadap al-Qur'an. 3.3 Menerapkan fungsi hadis terhadap al-Qur'an.
|
|
|
|
|
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
d. Kelas XI, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
e. Kelas XII, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
|
|
|
3. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik |
3.4 Mengidentifikasi makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
|
4. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi |
|
2. Akidah-Akhlak
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
b. Kelas X, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam al-asma' al husna |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat |
|
Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu |
|
Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) |
|
|
d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| 1.1 Menjelaskan pengertian, asal usul, dan istilah-istilah dalam tasawuf 1.2 Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern 1.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf 1.4 Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern
|
| 2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan 2.4 Membiasakan perilaku adil, rida, amal salih, persatuan, dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
4.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku israaf, tabdziir, dan fitnah |
Fikih
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Kelas X, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
d. Kelas XI, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
e. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
2. Memahami sumber hukum Islam |
|
|
|
f. Kelas XII, Semester 2 |
|
1. Memahami hukum- hukum syar’i |
1.2 Menjelaskan hukum wadh’i dan penerapannya dalam Islam
|
kaidah usul fikih |
|
4. Sejarah Kebudayaan Islam
a. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Rasulullah dalam membina umat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Kelas XII, Semester 2 |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
|
|
|
|
|
|
Bahasa Arab
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
|
Berbicara
|
الحياة العائلية
|
Membaca
|
|
Menulis
|
|
| Keterangan Tema-tema tersebut menggunakan bentuk kata النكرة والمعرفة dan struktur kalimat المبتدأ والخبر
|
b. Kelas X, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
|
Berbicara
|
Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang hobi dan pekerjaan |
Membaca
|
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang hobi dan pekerjaan |
Menulis
|
|
| Keterangan Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود dan العطف
|
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
|
Berbicara
|
|
Membaca
|
|
Menulis
|
|
| Keterangan Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat النعت والمنعوت dan الإضافة
|
d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
|
Berbicara
|
|
Membaca
|
|
Menulis
|
|
| Keterangan Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat جملة فعلية
|
e.Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
|
Berbicara
|
|
Membaca
|
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam |
Menulis
|
|
| Keterangan Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع المنصوب dan الفعل المضارع المجزوم
|
f. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
|
Berbicara
|
|
Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami |
|
Menulis
|
|
| Keterangan Tema-tema menggunakan struktur kalimat رفع الأسماء dan نصب الأسماء
|
6. Bahasa Arab (Program Bahasa)
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
|
Berbicara
|
|
Membaca
|
|
Menulis
|
|
b. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak 1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari |
|
Berbicara
|
|
Membaca
|
|
Menulis
|
|
c. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Menyimak
|
(kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
Berbicara
|
lancar |
Membaca
|
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
wacana secara tepat dan benar
atau ide wacana tulis secara tepat
|
Menulis
|
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, Ejaan, dan tanda baca yang tepat dan benar 4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
|
e. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Mendengarkan
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat
|
Berbicara
|
|
Membaca
|
3.1 Membaca nyaring kata, frasa, dan kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat 3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.3 Memperoleh berbagai informasi umum dan/atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci, informasi umum atau rinci
|
Menulis
|
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan tepat 4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata atau frasa dalam kalimat dengan struktur dan tanda baca yang tepat 4.3 Mengungkapkan pendapat dan perasaan secara tertulis dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat
|
Catatan:
Ketiadaan rumusan “bentuk kata dan struktur kalimat” yang menyertai SK dan KD pada MA Program Bahasa disebabkan karena program ini berdasar atas “silabus situasi” (منهج المواقف), berbeda dengan MI, MTs, dan MA yang menganut model silabus gramatika (منهج القواعد).
0 komentar:
Post a Comment