Kesuksesan Adalah Milikku. Aku Akan Mendapatkanmu Walau Kemanapun Itu. Akan Kukejar Kamu Sampai Kemanapun Itu. Karena Kesuksesan Adalah Hak ku.

UTS Kewirausahaan 2011

Pendirian Lembaga Pendidikan
Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) At-Toyyibah

Tugas ini dikumpulkan sebagai tugas ujuan tengah semester
Mata kuliah ”Kewirausahaan”

Dosen Pengampu :
Fartika Ifriqia, M.Pd

Disusun Oleh :
MOCHAMAD BADRUSALIM
(NIM : 9321 052 08)

JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2011


Yayasan Pendidikan Islam At-Toyyibah
Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) At-Toyyibah
Sekretariat : Jl Brawijaya 05 Ngronggot Nganjuk.
Kode Pos. 64395 Telp. (0354) 663272
email : mak_attoyyibah@yahoo.co.id

  1. Jenis dan Nama Lembaga
Madrasah Aliyah Kejuruan At-Toyyibah (MAK At-Toyyibah)
  1. Bentuk Lembaga
Pendidikan Formal (Yayasan Pendidikan Islam At-Toyyibah)
  1. Konsep Pendidikan
Pendidikan life skill berbasis agama
  1. Ide Usaha
Diperlukan adanya lembaga pendidikan life skill berbasis agama ini karena untuk saat ini kecakapan hidup sangat dibutuhkan agar dapat bermanfaat dan mampu bersaing dalam masyarakat. Secara lebih rinci alasan usaha didirikan lembaga pendidikan ini adalah sebagi berikut :
  1. Semakin banyaknya kebutuhgan akan life skill di masyarakat
  2. Terjadi kesenjangan yang cukup jauh antara apa yang diharapkan masyarakat dengan apa yang ditawarkan/dihasilkan oleh lembaga pendidikan
  3. Terjadinya degradasi sosial yang mengharuskan untuk meningkatkan nilai-nilai agama sebagai dasar kehidupan
  4. Semakin booming pendidikan kejuruan, namun jarang yang berbasis agama
  5. Kebutuhan sesuatu yang serba instant, sekolah cepat dapat kerja (bermanfaat bagi masyarakat)
  6. Kebutuhan akan penanaman life skill yang berbasis agama
  1. Studi kelayakan
Studi kelayakan usaha adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan, usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan.1 Adapun aspek yang diuji dalam studi kelayakan usaha disini adalah meliputi :
  1. Aspek ekonomi
Dalam hal nilai ekonomi pendidikan Madrasah Aliyah Kejuruan At-Toyyibah (MAK At-Toyyibah) ini merupakan pendidikan formal dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam At-Toyyibah, tentunya dalam pendanaan selain dari pemerintah juga dari Yayasan, juga para donatur dan masyarakat yang ikut andil dalam masalah pendanaan. Maka biaya pendidikan di MAK At-Toyyibah akan lebih ekonomis bila dibandingkan dengan sekolah-sekolah kejuruan yang lain.
  1. Aspek teknis
Secara teknis lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Kejuruan At-Toyyibah (MAK At-Toyyibah) ini bekerja sama dengan berbagai lapangan kerja dan juga masyarakat langsung sebagai pengguna output dari lembaga ini. Jadi diharapkan lulusan dari lembaga ini dapat langsung memberi kontribusi di masyarakat.
  1. Aspek keuangan
Karena lembaga pendidikan ini termasuk dibawah naungan yayasan maka keuangan lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Kejuruan At-Toyyibah (MAK At-Toyyibah) ini berasal dari :
  1. Pemerintah
  2. Yayasan / Masyarakat Umum (Donatur)
  3. Masyarakat Khusus (bagi wali murid)
  1. Sumber daya
Sumber daya manusia dapat diperoleh dari proses rekruitmen yang transparan, akuntabel dan berkualitas.
Sumber daya (sarana dan prasarana) dapat diperolah melalui perencanaan dan pelaksanaan langsung baik dari pemerintah maupun yayasan.
  1. Manajemen usaha
  1. Planning (Perencanaan)
Tahab pertama adalah perencaaan. Dalam tahab ini dari pihak yayasan merencanakan bersama masyarakat untuk mendirikan lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) At-Toyyibah ini. Maksud dari pengikutsertaan masyarakat dalam perencanaan ini agar masyarakat juga memiliki peran aktif dalam pelaksaan lembaga pendidikan ini, sehingga ada kesinambungan antara internal lembaga pendidikan dengan masyarakat secara langsung.
  • Persiapan pengadaan prasarana pendidikan gedung dan kantor sekretariat dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Islam At-Toyyibah
  • Perencanaan pembangunan gedung pendidikan oleh Yayasan Pendidikan Islam At-Toyyibah
  • Perencanaan pengadaan perlengkapan sarana pendidikan seperti bangku, meja dll. Oleh Yayasan Pendidikan Islam At-Toyyibah
  1. Organizing (Pengorganisasian)
Pada tahab berikutnya setelah proses perencaan adalah Organizing, yakni proses berjalannya lembaga pendidikan dalam menjalankan tugasnya membekali peserta didiknya dengan kecakapan-kecakapan yang diperlukannya di masyarakat. Selama proses organizing ini semua berperan aktif seperti kepala madrasah beserta staf dan pendidiknya, orang tua wali murid juga masyarakat secara umum.
  • Perencanaan pembukanaan penjurusan
  • Pembukaan penjurusan yakni sementara tiga jurusan: Jurusan Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Teknik Otomotif.
  1. Actualing (Pelaksanaan)
Pelaksanaan lembaga pendidikan MAK At-Toyyibah dilaksanakan sebagai pembekalan bagi siswa untuk kehidupan bermasyarakat. Maka dalam kurikulum yang dilaksanakan sama seperti sekolah-sekolah kejuruan, lebih banyak praktikum daripada sekedar teori. Diharapkan agar para siswa benar-benar mampu memiliki kecakapan yang mumpuni dan siap bersaing dengan lulusan dari sekolah-sekolah kejuruan lain dimasyarakat, namun dengan tidak meninggalkan sesuatu yang fundamental dalam kehidupan yakni nilai-nilai moral dan agama.
  1. Controling (Pengawasan)
Pengawasan di lembaga pendidikan At-Toyyibah dilakukan langsung oleh :
  • Pemerintah
  • Yayasan
  • Madrasah
  • Masyarakat umum
  • Wali murid dengan kunjungan tiga bulan sekali untuk melihat proses pembelajaran anaknya di madrasah.
  1. Analisa SWOT
  1. Strenght (Kekuatan)
  1. Mampu membekali siswa dengan life skill sehingga dapat bermanfaat langung di masyarakat
  2. Muatan keagamaan yang ditekankan sehingga mencetak generasi yang kompeten dan spiritualis
  3. Ada dukungan kuat dari masyarakat akan kebutuhan hasil pendidikan yang siap langsung pakai di masyarakat
  1. Weakness (Kelemahan)
  1. Pembiayaan relatif lebih mahal dari pada sekolah umum (SMA/MA)
  2. Tidak mudahnya bekerja sama dengan penyedia lapangan kerja dan masyarakat
  1. Opportunity (Peluang)
  1. Lagi booming pendidikan life skill / pendidikan kejuruan
  2. Belum begitu ada pendidikan kejuruan berbasis agama
  3. Perlunya penanaman keagamaan lebih kuat pada siswa
  4. Masyarakat sudah kurang mempercayai sekolah umum
  5. Budaya serba instant, sekolah cepat kerja
  1. Threat (Hambatan)
  1. Belum begitu populer Madrasah Aliyah Kejuruan (Pendidikan life skill berbasis agama) di masyarakat
  2. Keadaan sosial yang cenderung kurang merespon positif terhadap lembaga pendidikan
  1. Formulasi Pendidikan
  1. Jangka pendek (0-1 tahun)
  1. Pengembangan gedung pendidikan
  2. Proses peningkatan siswa MAK At-Toyyibah
  3. Melengkapi sarana penunjang pendidikan seperti laboratorium teknik, sarana olahraga dll
  1. Jangka menengah (1-2 tahun)
  1. Pengembangan dan perencanaan penambahan jurusan
  2. Peningkatan jurusan yang ada dengan bekerja sama dengan akses lapangan kerja dan pihak-pihak terkait
  3. Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat sebagai pemakai langsung hasil dari pendidikan
  1. Jangka panjang (2-5 atau 10 tahun)
  1. Penambahan jurusan dan kelas
  2. Meningkatkan kerjasama dengan paenyedia lapangan kerja dan masyarakat
  1. Visi, Misi dan Kebijakan Lembaga
  1. Visi Madrasah
”Kreatif, Inovatif dan Beakhlak Mulia”
  1. Misi Madrasah
  1. Meningkatkan aktifitas keagamaan
  2. Mewujudkan daya pikir kreatif di masyarakat
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai moral keagamaan
  4. Menampilkan akhlaqul karimah di sekolah dan masyarakat
  5. Siap mengabdi dan bermanfaat bagi masyarakat
  6. Mewujudkan prestasi dalam peningkatan daya serap
  1. Kebijakan lembaga
  1. Bekerjasama dengan masyarakat dan penyedia lapangan kerja
  2. Membekali siswa dengan kemampuan life skill yang berguna langsung dalam masyarakat
  3. Kurikulum lebih banyak praktik daripada teori
 Foot Note



1 Kasmir.Kewirausahaan(Jakarta:Raja Grafindo Persada,2006),242.

0 komentar:

Post a Comment

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U