Isi Laporan PTK Diskusi Dalam Pembelajaran PAI (Doc)
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS XI IPS 1 UPTD SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM
Disusun Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Tugas Praktik Pengalaman Lapangan
Guru Pamong :
Drs. BAHRODIN
Oleh :
MOCHAMAD BADRUSALIM (NIM : 93210 052 08)
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAIN) KEDIRI
2011/2012
PRSETUJUAN
Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini telah disetujui oleh Guru Pamong pada :
Hari :
Tanggal :
Tanjunganom,
Mengetahui
Kepala Sekolah UPTD SMAN 1 Tanjung Anom
Drs. H. SURATNO, MM NIP. 195440909 1980121003 | Guru Pamong
Drs. BAHRODIN NIP, |
PENGESAHAN
Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini telah disyahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada:
Hari :
Tanggal :
Kediri,
Dosen Pembimbing,
Dr. MUKHAMAD ABDULLOH, M.Ag
NIP. 19660405 199203 1 002
Abstrak
MOCHAMAD BADRUSALIM, Dosen Pembimbing Lapangan Dr. MUKHAMAD ABDULLAH, M.Ag. Guru Pamong Drs. BADRODIN : Metode Diskusi Dalam Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas XI IPS 1 UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom
Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode Diskusi
Dalam pembelajaran bagi siswa setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), diperlukan metode yang strategis dan pas sesuai dengan minat siswa. Bagi sebagian murid setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Peningkatan pembelajaran ini tentu tidak terlepas dari metode pembelajaran yang diterapkan oleh para guru pendidikan agama Islam (PAI). Adapun penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMA Negeri Tanjunganom dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran PAI siswa kelas XI IPS 1. Subjek dalam penelitian sebanyak 32 siswa. Peningkatan proses pembelajaran PAI siswa diupayakan dengan menerapkan salah satu alternatif metode mengajar Diskusi dalam pembelajaran PAI. Metode ini dapat memberikan sikap percaya diri positif kepada siswa dalam belajar sehingga tiap anggota kelompok siswa dapat lebih aktif dan berminat dalam memahami materi pelajaran PAI dengan baik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis Mc. Taggart. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses pembalajaran siswa dengan pendekatan metode Diskusi . Berdasarkan data dari observasi menunjukkan bahwa pembelajaran PAI siswa dari siklus I ke siklus II tidak banyak mengalami peningkatan karena siswa masih saja ada yang gaduh dan ramai di kelas selam proses diskusi. Namun ada beberapa hal yang cukup baik dari siswa selama diskusi dan presentasi, diantaranya siswa mampu menyelesaikan permasalahan dan materi diskusi dengan baik, siswa cukup percaya diri dalam mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas dalam presentasi.
iii iv
Kata Pengantar
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirobil‘alamin, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini sebagai salah satu tugas dari pelaksanaan Praktik Pengalaman lapangan (PPL).
Penyusun menyampaikan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada berbagai pihak yang telah membantu penyusun dalam menyelesaikan penelitian tindakan kelas ini. Ucapan terimakasih penulis sampaikan terutama kepada yang terhormat :
Dr. Mukhamad Abdullah, M.Ag. Selaku dosen pembimbing lapangan yang telah memberikan bimbingan, arahan dan dorongan sehingga penyusunan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini bisa terselesaikan.
Kepala Sekolah UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom, Drs H Suratno, MM. yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL)
Drs. Bahrodin selaku guru pamong, yang telah memeberikan berbagai masukan, bimbingan dan pengalaman bagi penulis dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas.
Teman-teman mahasiswa di PPL STAIN Kediri dan berbagai pihak yang tidak dapat disebut satu persatu, yang telah memberi dukungan moril sehingga penulis dapat menyelesaikan laopran Penelitian Tindakan Kelas ini.
Seluruh teman-teman siswa Kelas XI IPS 1 yang telah banyak membantu kelancaran dan pembelajaran sehingga laporan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.
Semoga amal kebaikan dari berbagai pihak tersebut mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Pada akhirnya, penyusun berharap semoga penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, Amin... Ya Robbala’lam.
Tanjunganom, 28 Pebruari, 2012
Penyusun
Mochamad Badrusalim
Daftar Isi
Halaman Persetujuan i
Halaman Pengesahan ii
Abstrak iii
Kata Pengantar iv
Daftar isi vi
BAB I Pendahuluan 1
Latar Belakang 1
Rumusan Masalah 3
Tujuan Penelitian 3
Manfaat Penelitian 3
BAB II Kajian Pustaka 4
Tinjauan Pustaka 5
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 5
Pengertian Pembelajaran 5
Pengertian Pendidikan Agama Islam 6
Tujuan Pendidkan Agama Islam 8
Landasan Pendidikan Agama Islam 8
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 9
Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 11
Metode Diskusi 11
Pengertian Diskusi 11
Kelebihan dan Kelemahan Metode Diskusi 13
Upaya Peningkatan Pembelajaran PAI Metode Diskusi 16
Hipotesis Tindakan 17
BAB III : Metode Penelitian 18
Desain Penelitian 18
Setting dan Subyek penelitian 18
Alat Pengumpul data 19
Rencana Tindakan 19
Jenis Dan Sumber Data 23
Teknik Pengumpulan Data 24
Teknik Analisis Data 26
BAB IV : Hasil Penelitian 31
Paparan Hasil Tindakan 31
Pembahasan Hasil Tindakan 33
BAB V : Penutup 35
Kesimpulan 35
Saran-saran 36
Daftar Pustaka 37
Lampiran-lampiran 39
Dokumentasi pembelajaran 39
Absensi Siswa Kelas XI IPS 1 40
S
viii
ilabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 41
0 komentar:
Post a Comment