Kesuksesan Adalah Milikku. Aku Akan Mendapatkanmu Walau Kemanapun Itu. Akan Kukejar Kamu Sampai Kemanapun Itu. Karena Kesuksesan Adalah Hak ku.

Laporan Penelitian Tindakan Kelas PPL 2 (SMANTAN)

Cover Laporan PTK Diskusi Dalam Pembelajaran PAI (Doc)
Isi Laporan PTK Diskusi Dalam Pembelajaran PAI (Doc)

UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS XI IPS 1 UPTD SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM

Disusun Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Tugas Praktik Pengalaman Lapangan

Guru Pamong :

Drs. BAHRODIN

Oleh :

MOCHAMAD BADRUSALIM (NIM : 93210 052 08)

JURUSAN TARBIYAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM

(STAIN) KEDIRI

2011/2012

PRSETUJUAN

Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini telah disetujui oleh Guru Pamong pada :

Hari :

Tanggal :


Tanjunganom,

Mengetahui

Kepala Sekolah UPTD SMAN 1 Tanjung Anom


Drs. H. SURATNO, MM

NIP. 195440909 1980121003

Guru Pamong


Drs. BAHRODIN

NIP,

PENGESAHAN

Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini telah disyahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada:


Hari :

Tanggal :


Kediri,

Dosen Pembimbing,


Dr. MUKHAMAD ABDULLOH, M.Ag

NIP. 19660405 199203 1 002

Abstrak

MOCHAMAD BADRUSALIM, Dosen Pembimbing Lapangan Dr. MUKHAMAD ABDULLAH, M.Ag. Guru Pamong Drs. BADRODIN : Metode Diskusi Dalam Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas XI IPS 1 UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom

Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode Diskusi

Dalam pembelajaran bagi siswa setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), diperlukan metode yang strategis dan pas sesuai dengan minat siswa. Bagi sebagian murid setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Peningkatan pembelajaran ini tentu tidak terlepas dari metode pembelajaran yang diterapkan oleh para guru pendidikan agama Islam (PAI). Adapun penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMA Negeri Tanjunganom dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran PAI siswa kelas XI IPS 1. Subjek dalam penelitian sebanyak 32 siswa. Peningkatan proses pembelajaran PAI siswa diupayakan dengan menerapkan salah satu alternatif metode mengajar Diskusi dalam pembelajaran PAI. Metode ini dapat memberikan sikap percaya diri positif kepada siswa dalam belajar sehingga tiap anggota kelompok siswa dapat lebih aktif dan berminat dalam memahami materi pelajaran PAI dengan baik.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis Mc. Taggart. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses pembalajaran siswa dengan pendekatan metode Diskusi . Berdasarkan data dari observasi menunjukkan bahwa pembelajaran PAI siswa dari siklus I ke siklus II tidak banyak mengalami peningkatan karena siswa masih saja ada yang gaduh dan ramai di kelas selam proses diskusi. Namun ada beberapa hal yang cukup baik dari siswa selama diskusi dan presentasi, diantaranya siswa mampu menyelesaikan permasalahan dan materi diskusi dengan baik, siswa cukup percaya diri dalam mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas dalam presentasi.

iii

iv


Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobil‘alamin, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini sebagai salah satu tugas dari pelaksanaan Praktik Pengalaman lapangan (PPL).

Penyusun menyampaikan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada berbagai pihak yang telah membantu penyusun dalam menyelesaikan penelitian tindakan kelas ini. Ucapan terimakasih penulis sampaikan terutama kepada yang terhormat :

  1. Dr. Mukhamad Abdullah, M.Ag. Selaku dosen pembimbing lapangan yang telah memberikan bimbingan, arahan dan dorongan sehingga penyusunan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini bisa terselesaikan.

  2. Kepala Sekolah UPTD SMA Negeri 1 Tanjunganom, Drs H Suratno, MM. yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL)

  3. Drs. Bahrodin selaku guru pamong, yang telah memeberikan berbagai masukan, bimbingan dan pengalaman bagi penulis dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas.

  4. Teman-teman mahasiswa di PPL STAIN Kediri dan berbagai pihak yang tidak dapat disebut satu persatu, yang telah memberi dukungan moril sehingga penulis dapat menyelesaikan laopran Penelitian Tindakan Kelas ini.

  5. Seluruh teman-teman siswa Kelas XI IPS 1 yang telah banyak membantu kelancaran dan pembelajaran sehingga laporan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

Semoga amal kebaikan dari berbagai pihak tersebut mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Pada akhirnya, penyusun berharap semoga penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, Amin... Ya Robbala’lam.

Tanjunganom, 28 Pebruari, 2012

Penyusun


Mochamad Badrusalim

Daftar Isi

Halaman Persetujuan i

Halaman Pengesahan ii

Abstrak iii

Kata Pengantar iv

Daftar isi vi

BAB I Pendahuluan 1

  1. Latar Belakang 1

  2. Rumusan Masalah 3

  3. Tujuan Penelitian 3

  4. Manfaat Penelitian 3

BAB II Kajian Pustaka 4

        1. Tinjauan Pustaka 5

  1. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 5

  1. Pengertian Pembelajaran 5

  2. Pengertian Pendidikan Agama Islam 6

  3. Tujuan Pendidkan Agama Islam 8

  4. Landasan Pendidikan Agama Islam 8

  5. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 9

  6. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 11

  1. Metode Diskusi 11

  1. Pengertian Diskusi 11

  2. Kelebihan dan Kelemahan Metode Diskusi 13

  1. Upaya Peningkatan Pembelajaran PAI Metode Diskusi 16

        1. Hipotesis Tindakan 17

BAB III : Metode Penelitian 18

  1. Desain Penelitian 18

  2. Setting dan Subyek penelitian 18

  3. Alat Pengumpul data 19

  4. Rencana Tindakan 19

  5. Jenis Dan Sumber Data 23

  6. Teknik Pengumpulan Data 24

  7. Teknik Analisis Data 26

BAB IV : Hasil Penelitian 31

  1. Paparan Hasil Tindakan 31

  2. Pembahasan Hasil Tindakan 33

BAB V : Penutup 35

  1. Kesimpulan 35

  2. Saran-saran 36

Daftar Pustaka 37

Lampiran-lampiran 39

              1. Dokumentasi pembelajaran 39

              2. Absensi Siswa Kelas XI IPS 1 40

              3. S

                viii

                ilabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 41

0 komentar:

Post a Comment

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U