Kesuksesan Adalah Milikku. Aku Akan Mendapatkanmu Walau Kemanapun Itu. Akan Kukejar Kamu Sampai Kemanapun Itu. Karena Kesuksesan Adalah Hak ku.

Panduan Indikator

Panduan Indikator (Ppt)
PANDUAN INDIKATOR
MEKANISME PENGEMBANGAN

Menganalisis Tingkat Kompetensi dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Menganalisis Karakteristik Mata Pelajaran, Peserta Didik, dan Sekolah
Menganalisis Kebutuhan dan Potensi
Merumuskan Indikator
Mengembangkan Indikator Penilaian



Menganalisis Tingkat Kompetensi dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional
Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional
Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional
Kata Kerja Ranah Kognitif
Kata Kerja Ranah Afektif
Kata Kerja Ranah Psikomotorik
Menganalisis Karakteristik Mata Pelajaran, Peserta Didik, dan Sekolah

Berhubungan dengan Kompetensi Berbahasa

Menyingkat/memendekkan (abbreviate)
Memberi tekanan pada sesuatu /menekankan (accent)
Mengabjad/menyusun menurut abjad (alphabetize)
Mengartikulasikan/ mengucapkan kata-kata dengan jelas (articulate)
Memanggil (call)

Berhubungan dengan Kompetensi Berbahasa

Menulis dengan huruf besar (capitalize)
Menyunting/mengedit (edit)
Menghubungkan dengan garis penghubung (hyphenate)
Memasukkan (beberapa spasi) /melekukkan (indent)
Menguraikan/memperlihatkan garis bentuk/ menggambar denah atau peta (outline)
Mencetak (print)
Membaca (read)

Berhubungan dengan Kompetensi Berbahasa

Mendeklamasikan/membawakan/mencerita-kan (recite)
Mengatakan (say)
Menandai (sign)
Berbicara (speak)
Mengeja (spell)
Menyatakan (state)
Menyimpulkan (summarize)
Membagi atas suku-suku kata (syllabicate)

Berhubungan dengan Kompetensi Berbahasa

Menceritakan (tell)
Menerjemahkan (translate)
Mengungkapkan dengan kata-kata (verbalize)
Membisikkan (whisper)
Mengucapkan/melafalkan/menyatakan (pronounce)
Memberi atau membubuhkan tanda baca (punctuate)
Menulis (write)

Berhubungan dengan Kompetensi Drama
Berakting/berperilaku (act)
Menjabat/mendekap/ menggengam (clasp)
Menyeberang/melintasi/ berselisih (cross)
Menunjukkan/mengatur/ menyutradarai (direct)
Memajangkan (display)
Memancarkan (emit)
Memasukkan (enter)
Mengeluarkan (i
Mengekspresikan (express)
Meniru (imitate)
Meninggalkan (leave)


Berhubungan dengan Kompetensi Drama
Menggerakkan (move)
Berpantomim/Meniru gerak tanpa suara (pantomime)
Menyampaikan/menyuguhkan/ mengulurkan/melewati (pass)
Memainkan/melakukan (perform)
Meneruskan/memulai/beralih (proceed)
Menanggapi/menjawab/ menyahut (respond)
Memperlihatkan/Menunjukkan (show)
Mendudukkan (sit)
Membalik/memutar/mengarahkan/mengubah/ membelokkan (turn)


Berhubungan dengan Kompetensi Fisik (Jasmani)
Melengkungkan (arch)
Memukul (bat)
Menekuk/melipat/ membengkokkan (bend)
Mengangkat/membawa (carry)
Menangkap (catch)
Mengejar/memburu (chase)
Memanjat (climb)
Menghadap (face)
Mengapung (float)

Berhubungan dengan Kompetensi Fisik (Jasmani)
Merebut/menangkap/ mengambil (grab)
Merenggut/memegang/ menyambar/merebut (grasp)
Memegang erat-erat (grip)
Memukul/menabrak (hit)
Melompat/meloncat (hop)
Melompat (jump)
Menendang (kick)
Mengetuk (knock)

Berhubungan dengan Kompetensi Fisik (Jasmani)
Mengangkat/mencabut i
Berbaris (march)
Melempar/memasangkan/memancangkan/menggantungkan (pitch)
Menarik (pull)
Mendorong (push)
Berlari (run)
Mengocok (shake)
Bermain ski (ski)
Meloncat (skip)
Berhubungan dengan Kompetensi Fisik (Jasmani)
Berjungkirbalik (somersault)
Berdiri (stand)
Melangkah (step)
Melonggarkan/merentangkan (stretch)
Berenang (swim)
Melempar (throw)
Melambungkan/melontarkan (toss)
Berjalan (walk)

Berhubungan dengan Kompetensi Matematika

Menambah (add)
Membagi dua (bisect)
Menghitung/mengkalkulasi (calculate)
Mencek/meneliti (check)
Membatasi (circumscribe)
Menghitung/mengkomputasi (compute)
Menghitung (count)
Memperbanyak (cumulate)

Berhubungan dengan Kompetensi Matematika

Mengambil dari (derive)
Membagi (divide)
Memperkirakan (estimate)
Menyarikan/menyimpulkan (extract)
Memperhitungkan (extrapolate)
Membuat grafik (graph)
Mengelompokkan (group)


Berhubungan dengan Kompetensi Matematika

Memadukan/mengintegrasikan (integrate)
Menyisipkan/menambah (interpolate)
Mengukur (measure)
Mengalikan/memperbanyak (multiply)
Menomorkan (number)
Membuat peta (plot)
Membuktikan (prove)
Mengurangi (reduce)


Berhubungan dengan Kompetensi Matematika

Memecahkan (solve)
Mengkuadratkan(square)
Mengurangi (substract)
Menjumlahkan (sum)
Mentabulasi (tabulate)
Mentally (tally)
Memverifikasi (verify)



Berhubungan dengan Kompetensi Sains

Menjajarkan (align)
Menerapkan (apply)
Melampirkan (attach)
Menyeimbangkan (balance)
Mengkalibrasi (calibrate)
Melaksanakan (conduct)
Menghubungkan (connect)
Mengganti (convert)

Berhubungan dengan Kompetensi Sains

Mengurangi (decrease)
Mempertunjukkan/memperlihatkan (demonstrate)
Membedah (dissect)
Memberi makan (feed)
Menumbuhkan (grow)
Menambahkan/meningkatkan (increase)
Memasukkan/menyelipkan (insert)
Menyimpan (keep)
Memanjangkan (lenghthen)
Membatasi (limit)
Memanipulasi (manipulate)
Mengoperasikan (operate)

Berhubungan dengan Kompetensi Sains

Menanamkan (plant)
Menyiapkan (prepare)
Memindahkan(remove)
Menempatkan kembali(replace)
Melaporkan (report)
Mengatur ulang (reset)
Mengatur (set)
Menentukan/menetapkan (specify)
Meluruskan (straighten)
Mengukur waktu (time)
Mentransfer (transfer)
Membebani/memberati (weight)

Menganalisis Kebutuhan dan Potensi

Kebutuhan dan potensi peserta didik, sekolah dan daerah perlu dianalisis untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengembangkan indikator. Penyelenggaraan pendidikan seharusnya dapat melayani kebutuhan peserta didik, lingkungan, serta mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Peserta didik mendapatkan pendidikan sesuai dengan potensi dan kecepatan belajarnya, termasuk tingkat potensi yang diraihnya.

Menganalisis Kebutuhan dan Potensi

Indikator juga harus dikembangkan guna mendorong peningkatan mutu sekolah di masa yang akan datang, sehingga diperlukan informasi hasil analisis potensi sekolah yang berguna untuk mengembangkan kurikulum melalui pengembangan indikator.

Merumuskan Indikator

Setiap KD dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi tiga indikator
Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam SK dan KD. Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik.

Merumuskan Indikator

Indikator yang dikembangkan harus menggambarkan hirarki kompetensi.
Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi pembelajaran.
Indikator harus dapat mengakomodir karakteristik mata pelajaran sehingga menggunakan kata kerja operasional yang sesuai. Contoh kata kerja yang dapat digunakan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran tersaji dalam lampiran 1.
Rumusan indikator dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan/atau psikomotorik.


Mengembangkan Indikator Penilaian

0 komentar:

Post a Comment

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U