daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam Undang Undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional dinyatakan bahwa : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, serta berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.“
Sedangkan pendidikan pada Madrasah aliyah (MA) bertujuan :
Menyiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi.
Menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Tehnologi, dan Kesenian yang dijiwai ajaran Agama Islam.
Menyiapkan siswa agar mampu menjadi anggota Masyarakat yang memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar yang dijiwai suasana keagamaan.
Disamping itu Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang bercirikan Agama Islam, dimana keberadaan Madrasah Aliyah setara dengan Sekolah Menengah Umum (SMU) perlu adanya perhatian khusus dalam menangani dan menghasilkan output yang optimal. Sehingga output ini bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dan siap terjun kemasyarakat. Untuk itu diperlukan tenaga yang potensial, sarana dan prasarana yang mencukupi untuk mendukung kegiatan tersebut. Hal ini merupakan tantangan bagi Madrasah Aliyah untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan komponen – komponen yang ada agar madrasah dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kediri sebagai institusi pendidikan dibawah Departemen Agama (Depag) yang ditantang untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan tersebut.
Landasan Kurikulum
Penyusunan KTSP ini berlandaskan :
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 20 TAHUN 2003, TENTANG, SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 19 TAHUN 2005, TENTANG, STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 55 TAHUN 2007 TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN.
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 22 TAHUN 2006, TENTANG, STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 23 TAHUN 2006, TENTANG, STANDAR KOMPETENSI LULUSAN UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 24 TAHUN 2006, TENTANG, PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 22 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 63 TAHUN 2009, TENTANG, SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
PERATURAN MENTERI AGAMA RI NOMOR 2 TAHUN 2008, TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN STANDAR ISI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB DI MADRASAH
PANDUAN PENYUSUNAN KTSP JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH YANG DIKELUARGKAN BSNP TAHUN 2006
SURAT EDARAN DIRJEN PENDIDIKAN ISLAM NOMOR DJ.II1/PP.00/ED/681/2006, TENTANG STANDAR ISI.
Tujuan Penyusunan Kurikulum
Sebagai acuan pelaksanaan proses pembelajaran sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan dasar dan menengah yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Untuk mengakomodasi semua potensi yang ada dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan baik bidang akademik maupun non akademik, memelihara budaya setempat, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi iman dan taqwa.
Meningkatkan kepedulian warga madrasah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama
BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN
PROFIL MADRASAH MAN 3 KEDIRI
Identitas Madrasah
Nama Madrasah : MAN 3 Kediri
Alamat Madrasah :
a. Jalan : Jl. Letjend. Supraprto 58 Kediri
b. Desa : Banjaran
c. Kecamatan : Kota
d. Kota : Kediri
e. Propinsi : Jawa Timur, Kode Pos : 64124
f. Nomor Telepon : 0354 – 687876
g. Fax : 0354 - 691771
h. E-mail : man_3_kdr@yahoo.co.id
NSM : 31135702036
Tahun Berdiri : 1992
Nama Kepala Madrasah : Sja’roni, M.Pd.I
Visi dan Misi MAN 3 Kediri
Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bercirikan Agama Islam, dalam menghadapi perkembangan dan tantangan masa depan seperti : perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, era informasi dan globalisasi yang sangat cepat serta tantangan moral dan akhlak yang dinamis sehingga diwujudkan dalam Visi Madrasah sebagai berikut :
VISI MAN 3 KEDIRI
“MAN YANG ISLAMI, UNGGUL, POPULIS, INDAH, MANDIRI,DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN
Visi MAN 3 Kediri secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut :
ISLAMI, yaitu menciptakan kegiatan yang bernuansa Islam meliputi :
Pembudayaan salam
Pembudayaan bacaan Basmallah
Kegiatan taddarus sebelum pelajaran dimulai ( 15 menit )
Sholat dhuha pada waktu istirahat I ( 10.00 – 10.15 )
Sholat dhuhur berjama’ah pada istirahat II ( 11.45 – 12.15 )
Sholat Jum’at di masjid At-Taqwa MAN 3 Kediri
Penambahan pelajaran muhadatsah (percakapan Bahasa Arab) dan baca Al Qur’an
Pelaksanaan kegiatan keagamaan
Kajian Islami oleh Seksi Kerohanian Islam (SKI)
Latihan kultum tiap hari Rabu sebelum sholat dhuhur
Pembinaan keagamaan bagi siswi yang berhalangan sholat
Kegiatan siswa yang berkaitan dengan peringatan hari besar Islam
Semua mata pelajaran dikorelasikan dengan nilai-nilai Islam.
Berbusana Islami
Berperilaku dan bersikap Islami
UNGGUL, yaitu berusaha menghasilkan prestasi yang optimal dalam berbagai bidang, diantaranya :
Unggul dalam perolehan DANEM/DANUN
Unggul dalam penjaringan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi
Unggul dalam penguasaan IPTEK
Unggul dalam lomba kreativitas
Unggul dalam olah raga
Unggul dalam disiplin madrasah
Unggul dalam ketrampilan
Unggul dalam kebersihan dan ketertiban
POPULIS, yaitu dikenal dan diminati masyarakat melalui :
Peningkatan prestasi akademis
Peningkatan prestasi ekstra kurikuler (Drumb Band, Pramuka, PMR, KIR IPA/IPS/Bahasa, Jurnalis, Pecinta Alam, Karate, Sepak bola, dll)
Pengadaan lomba-lomba tingkat MTs/SMP, MA/SMA
INDAH, yaitu menciptakan suasana dan iklim belajar yang sejuk, aman, indah dan nyaman agar siswa kerasan di sekolah dengan cara :
Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
Pengadaan dan pemeliharan taman sekolah
Pengadaan program penghijauan
MANDIRI, yaitu menyiapkan dan memberi bekal kepada siswa yang akan lengsung terjun dalam kehidupan masyarakat melalui :
Pengembangan bahasa ( Bahasa Arab dan Bahasa Inggris )
Ketrampilan IPA terapan
Ketrampilan otomotif
Ketrampilan tata busana
Ketrampilan komputer
Adapun MISI MAN 3 Kediri adalah :
Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Islam dan budaya bangsa sebagai sumber kearifan dan bertindak
Mengembangkan potensi akademik peserta didik secara optimal sesuai dengan bakat dan minat melalui proses pembelajaran
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif kepada peserta didik dibidang ketrampilan sebagai modal untuk terjun ke dunia usaha.
Mengembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan olah raga dan kesenian serta kegiatan ekstra kurikuler lain untuk memupuk disiplin dan mengembangkan kreativitas
Mengoptimalkan kompetensi warga madrasah dalam memberi pelayanan kepada siswa dan masyarakat pengguna pendidikan
Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan warga madrasah dan stakeholders berdasarkan konsep School Based Management
Tujuan MAN 3 Kediri
Berdasarkan visi dan misi yang telah ada, maka tujuan madrasah yang akan dicapai adalah :
Membuat dan menciptakan kegiatan madrasah yang bersifat Islami sehingga anak didik bisa memahami dan mengamalkan konsep ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari
Menjadikan madrasah memiliki prestasi secara optimal dalam berbagai bidang
Menjadikan madrasah untuk dikenal dan diminati oleh masyarakat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler berdasarkan prestasi yang diperoleh
Menjadikan suasana lingkungan madrasah yang bersih, rindang, indah dan aman sehingga tercipta kenyamanan dalam kegiatan proses belajar mengajar
Menyiapkan dan memberi bekal kepada semua anak didik khususnya berupa pengembangan bahasa (Arab dan Inggris), ketrampilan IPA terapan, otomotif dan tata busana serta komputer yang didasarkan atas minat, potensi, kemampuan dan kecakapan yang dimiliki siswa serta kondisi madrasah
Tujuan Mata Pelajaran Qur’an Hadits
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits bertujuan untuk:
Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur’an dan Hadits
Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan
Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dan Hadits yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur’an dan Hadits.
BAB III
STRUKTUR KURIKULUM DAN MUATAN KURIKULUM MAN 3 KEDIRI
STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum MAN 3 Kediri meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang selama 3 tahun mulai kelas X sampai XII meliputi sejumlah materi pembelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri, bila dimungkinkan nanti akan dibuka PROGRAM AKSELERASI (kelas percepatan) bagi siswa MAN 3 yang memenuhi syarat (diantaranya pandai).
Sedangkan untuk cakupan kelompok mata pelajaran adalah, sebagai berikut :
CAKUPAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
NO | KELOMPOK MATA PELAJARAN | CAKUPAN |
1. | Agama dan Akhlak Mulia | Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. |
2. | Kewarganegaraan dan Kepribadian | Kelompok mata pelajaran kewaganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, kelestarian hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum , ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. |
3. | Ilmu Pengetahuan dan Teknologi | Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MA dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri. |
4. | Estetika | Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, naik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. |
5. | Jasmani, olahraga, dan kesehatan | Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sporfi, disiplin, kerjasama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersikap kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial mewabah. |
Penyusunan struktur kurikulum didasarkan atas Standar Kompetensi Kelulusan dan Standar Kompetensi Mata Pelajaran yang telah ditetapkan oleh BNSP.
Struktur Kurikulum Kelas XII Jurusan IPA
-
KOMPONEN
ALOKASI WAKTU
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
a. Qur’an Hadits
b. Aqidah Akhak
c. Qur’an Hadits
d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
-
2
1
2
-
2
1
2. Pendidikan kewarganegaraan
2
2
3. Bahasa Indonesia
3
3
4. Bahasa Arab
2
2
5. Bahasa Inggris
4
4
6. Matematika
6
6
7. Fisika
5
5
8. Kimia
4
4
9. Biologi
4
4
10. Sejarah
1
1
11. Seni Budaya
1
1
12. Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan
2
2
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
14. Ketrampilan
2
2
B. Pengembangan Pertanian / Mulok
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
Jumlah
45
45
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Struktur Kurikulum Kelas XII Jurusan IPS
-
KOMPONEN
Alokasi Waktu
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
a. Qur’an Hadits
b. Aqidah Akhlak
c. Qur’an Hadits
d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
-
2
1
2
-
2
1
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
3. Bahasa Indonesia
3
3
4. Bahasa Arab
2
2
5. Bahasa Inggris
4
4
6. Matematika
4
4
7. Sejarah
3
3
8. Geografi
4
4
9. Ekonomi
6
6
10. Sosiologi
3
3
11. Seni Budaya
1
1
12. Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan
2
2
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
14. Ketrampilan
2
2
B. Pengembangan Komputer Akuntansi (Mulok)
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
Jumlah
45
45
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII Jurusan Bahasa
-
KOMPONEN
Alokasi Waktu
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
a. Qur’an Hadits
b. Aqidah Akhlak
c. Qur’an Hadits
d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
-
2
1
2
-
2
1
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
3. Bahasa Indonesia
3
3
4. Bahasa Arab
2
2
5. Bahasa Inggris
5
5
6. Matematika
4
4
7. Sastra Indonesia
4
4
8. Bahasa Asing (Arab)
3
3
9. Antropologi
5
5
10. Sejarah
3
3
11. Seni Budaya
1
1
12. Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan
2
2
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
14. Ketrampilan
2
2
B. Pengembangan Bahasa (Baca Kitab Kuning)
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
Jumlah
45
45
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
MATA PELAJARAN
Standar Kompetensi Lulusan MAN 3 Kediri
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
Mengapresiasi karya seni dan budaya
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
Standar Kompetensi Lulusan Kelompok Mata Pelajaran Qur’an Hadits
Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an, fungsinya dan bukti-bukti kemurniannya, istilah-istilah hadits, fungsi hadits terhadap al-Qur’an, pembagian hadits ditinjau dari segi kuantitas dan kualitasnya, serta memahami dan mengamalkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang manusia dan tanggungjawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ruang Lingkup Qur’an Hadits
Masalah dasar-dasar ilmu al-Qur’an dan al-Hadits, meliputi:
pengertian al-Qur’an menurut para ahli
pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi
Bukti keotentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya
Isi pokok ajaran al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat-ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
fungsi al-Qur’an dalam kehidupan
Fungsi hadits terhadap al-Qur’an
Pengenalan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
pembagian hadits dari segi kwantitas dan kwalitasnya.
Tema-tema yang ditinjau dari perspektif al-Qur’an dan al-hadits, yaitu:
manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
Demokrasi.
keikhlasan dalam beribadah
nikmat Allah dan cara mensyukurinya
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
berkompetisi dalam kebaikan.
amar ma ‘ruf nahi munkar
ujian dan cobaan manusia
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
berlaku adil dan jujur
toleransi dan etika pergaulan
etos kerja
makanan yang halal dan baik
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Qur’an Hadits Kelas XII
Kelas XII Program IPA-IPS-Bahasa
-
Kls/smt
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
XII/I
Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah.
Mengartikan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah.
Menjelaskan kandungan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah.
Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96; dan hadits tentang berda’wah dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
Mengartikan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
Menjelaskan kandungan QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132; QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha 132; S. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132; QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari
Memahami ayat –ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
Mengartikan QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
Menjelaskan kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkndung dalam QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
XII/II
Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang toleransi dan etika pergaulan
Mengartikan QS. Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41;QS. Al-Kahfi: 29; QS al-Hujurat: 10-13 dan Hadits tentang etika pergaulan.
Menjelaskan kandungan QS. Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41;QS. Al-Kahfi: 29; QS al-Hujurat: 10-13 dan Hadits tentang etika pergaulan.
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41;QS. Al-Kahfi: 29; QS al-Hujurat: 10-13 dan Hadits tentang etika pergaulan.
Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam QS. Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41;QS. Al-Kahfi: 29; QS al-Hujurat: 10-13 dan Hadits ten-tang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan al-Hadits tentang etos kerja.
Mengartikan QS. Al-Mujadalah: 11; QS. Al-Jumu’ah 9-11; QS. Al-Qashash :77 dan hadits etos kerja
Menjelaskan kandungan QS. Al-Mujadalah: 11; QS. Al-Jumu’ah 9-11; QS. Al-Qashash :77 dan hadits etos kerja
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Mujadalah: 11; QS. Al-Jumu’ah 9-11; QS. Al-Qashash :77 dan hadits etos kerja
Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS. Al-Mujadalah: 11; QS. Al-Jumu’ah 9-11; QS. Al-Qashash :77 dan hadits etos kerja.
Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadits tentang makanan yang halal dan baik
Menerjemahkan QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik.
Menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik.
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik.
Mengidentifikasi makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik.
Menerapkan kandungan QS. Al-Baqarah:168-169 : QS. Al-Baqarah 172-173 dan hadits tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Menerjemahkan QS. Al-Alaq: 1-5, QS. Yunus: 101; QS. Al-Baqarah: 164.
Menjelaskan kandungan QS. Al-‘Alaq: 1-5; QS. Yunus: 101; QS. Al-Baqarah: 164.
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Alaq: 1-5, QS. Yunus: 101; QS. Al-Baqarah: 164.
Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam QS. Al-Alaq: 1-5, QS. Yunus: 101; QS. Al-Baqarah: 164.
MUATAN LOKAL
Konsep dan Sifat Muatan Lokal
Muatan lokal di MAN 3 Kediri tercantum dalam struktur kurikulum dengan alokasi waktu 2 (dua) jam pelajaran. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan di MAN 3 Kediri.
Mata Pelajaran Muatan Lokal
Mata pelajaran muatan lokal diarahkan pada Agro Industri sederhana yang mengarah kepada wira usaha. Dengan diberikan dasar-dasar wira usaha ini diharapkan peserta didik yang tidak dapat melanjutkan studinya ke perguruan tinggi dapat mengembangkan dasar-dasar tersebut setelah tamat dari MAN 3 Kediri.
Kelas XII IPA : Pengembangan Pertanian
Adapun jenis-jenis pengembangan pertanian yang diajarkan meliputi :
Cara menyetek tanaman
Cara menyambung tanaman
Cara okulasi tanaman
Budi daya tanaman hortilkutura (hias, sayuran dan buah)
Budi daya ikan
Budi daya lebah madu
Dan lain-lain wira usaha yang ada di Kediri dan sekitarnya.
Kelas XII IPS : Pengembangan Komputer Akuntansi
Kelas XII Bahasa : Membaca Kitab Kuning
PENGEMBANGAN DIRI
Pengembangan Diri
Untuk menampung potensi, bakat, kemampuan serta pengembangan karakter peserta didik dalam mengatasi persoalan dirinya, masyarakat, sosial dan lingkungan sekitarnya serta dapat menemukan jati dirinya maka Madrasah Aliyah Negeri 3 kediri memberi fasilitas berupa :
Bimbingan Karier
Untuk mengatasi permasalahan pribadi, sosial, masyarakat dan lingkungan sekitar, sehingga diharapkan siswa dapat mendapatkan jati diri
Kegiatan Ekstra Kurikuler
Untuk membantu pengembangan bakat, minat dan ketrampilan siswa MAN 3 kediri terdapat berbagai macam kegiatan ekstra kurikuler sebagai berikut:
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
Majelis Perwakilan Kelas (MPK)
Pramuka
Drumb Band
Jurnalistik
Palang Merah Remaja (PMR)
Pecinta Alam
Olahraga dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
Teater GAMAN
Seni bela diri
Seni Baca Al Qur’an
Rebana
Musik
Studi Kerohanian Islam (SKI)
Bina Skill (Tata Busana, Otomotif, Sablon, Tata Boga)
Bina Prestasi
Untuk menambah dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan dibidang Akademik maka diadakan kegiatan Bina Prestasi bagi siswa yang telah memenuhi syarat dengan tujuan untuk menyiapkan kegiatan / adanya lomba-lomba, olympiade baik tingkat kota, propinsi, nasional dan internasional.
Kegiatan ini meliputi mata pelajaran :
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi
Ekonomi
Bahasa Inggris
Bahasa Arab
Bahasa dan Sastra Indonesia
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Seni Musik Rebana
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami dan mengaplikasikan teknik-teknik penguasaan alat musik | 1.1. Mempelajari teknik-teknik penguasaan alat musik akustik 1.2. Mempelajari teknik-teknik penguasaan alat musik akustik 1.3. Mengeksplorasi alat musik |
2. Memahami dan mengalokasikan teknik vokal | 2.1. Teknik pernafasan 2.2. Teknik vokal 2.3. Teknik menyanyi |
3. Menganalisa dan mengaplikasikan lagu-lagu Islami | 3.1. Merumuskan konsep-konsep lagu Islami 3.2. Mengklasifikasikan lagu Islami 3.3. Eksplorasi lagu Islami |
Drum Band
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami dan mengaplikasikan teknik-teknik penguasaan alat Drum | 1.1. Mempelajari teknik-teknik penguasaan drum band 1.2. Eksplorasi alat drum band |
2. Mengaplikasikan baris berbaris | 2.1. Mempelajari baris berbaris 2.2. Bersikap disiplin 2.3. Mempelajari lagu baris berbaris |
3. Mengembangkan dan mengaplikasikan unjuk gelar | 3.1. Mempelajari teknik-teknik unjuk gelar 3.2. Eksplorasi lagu Islami 3.3. Mempelajari lagu-lagu unjuk gelar |
4. Menganalisa dan mengaplikasikan lagu-lagu klasik | 4.1. Merumuskan konsep lagu klasik 4.2. Mengklasifikasikan lagu klasik 4.3. Eksplorasi lagu-lagu klasik |
Pramuka
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami kehidupan penegak | 1.1. Merumuskan kehidupan penegak 1.2. Mengklasifikasikan kehidupan penegak 1.3. Mendiskripsikan kehidupan penegak |
2. Memahami out bond | 2.1. Mempelajari teknik-teknik out bond 2.2. Mengaplikasikan teknik-teknik out bond |
Palang Merah Remaja (PMR)
Semester Gasal
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Sejarah PM (Palang Merah)
2. 7 Prinsip palang merah
3. Visi dan misi palang merah 4. Pertolongan Pertama (PP)
5. Mempraktekkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas | 1.1. Mengetahui sejarah berdirinya PM Nasional dan Internasional 1.2. Mengetahui pendiri PM 1.3. Mengetahui lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah 2.1. Mengatahui 7 prinsip Palang Merah 2.2. Menerapkan 7 prinsip Palang Merah dalam kehidupan sehari-hari 2.3. Menumbuhkan rasa kemanusiaan 3.1. Mengetahui visi dan misi Palang Merah 4.1 Mengetahui pengertian Pertolongan Pertama (PP) 4.2 Mengetahui alat yang dibuthkan dalam PP 4.3 Pembuatan tandu dari bambu 4.5 Menangani gangguan kesadaran 4.6 Perawatan luka 4.7 Penanganan patah tulang 4.8 Penanganan pendarahan 4.9 Faal tubuh dan fungsinmya 4.10 Mempraktekkan Pertolongan Pertama (PP) 5.1 Mempraktekkan ketrampilan dasar kegiatan penjelajahan serta nilai tanggung jawab, kerja sama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompok 5.2 Mempraktekkan ketrampilan dasar, kegiatan penyelamatan serta nilai tanggung jawab, kerja sama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompok 5.3 Mempraktekkan ketrampilan penjagaan alam dan lingkungan |
Semester Genap
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Materi Perawatan Keluarga (PK)
2. Materi Dapur Umum (DU)
3. Materi Pasang Bongkar Tenda (PBT)
4. Bencana Alam
5. Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) | 1.1. Mengetahui pengertian perawatan keluarga (PK) 1.2. Pengenalan macam-macam penyakit 1.3. Mengetahui parasat perawatan keluarga (PK) 1.4. Mempraktekkan parasat PK, meliputi: cuci tangan, pake celemek, menata tempat tidur, memandikan orang sakit, membantu BAB/BAK, dst. 1.5. Mengetahui alat-alat yang dibutuhkan dalam parasat PK 2.1. Pengertian dapur umum 2.2. Membuat daftar menu 2.3. Membuat daftar belanja 2.4. Menginventaris peralatan DU 2.5. Mempraktekkan DU 3.1 Mengetahui tali temali 3.2 Macam-macam tenda PMI 3.3 Mempraktekkan mendirikan tenda standar PMI 4.1 Pengertian bencana alam 4.2 Mempraktekkan penanganan bencana alam 4.3 Mengetahui macam-macam bencana alam dan tingkatannya 5.1 Membuat perencanaan JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) 5.2 Melaksanakan Jumpa Bakti Gembira serta nilai tanggung jawab, kerja sama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompok |
Seni Beladiri
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Siswa mampu menjelaskan seni beladiri | 1.1. Mengetahui maksud dan pengetian seni beladiri 1.2. Macam-macam dan jenis beladiri 1.3. Pencak silat jenis beladiri asli Indonesia |
2. Siswa mampu melakukan beladiri pencak silat tingkat dasar | 2.1. Mempelajari teknik-teknik seni beladiri pencak silat tingkat dasar 2.2. Melakukan pemanasan 2.3. Pernafasan |
3. Siswa mampu melaksanakan pencak silat tingkat lanjut | 3.1. Mempelajari jurus-jurus pencak silat 3.2. Mempelajari jenis-jenis tendangan dan pukulan 3.3. Pembentukan sikap |
4. Siswa mampu mengembangkan kemampuannya dalam melakukan seni beladiri pencak silat | 4.1. Melakukan teknik-teknik pertandingan 4.2. Mempelajari tenaga inti atau tenaga dalam 4.3. Melakukan atraksi dan permainan |
Studi Kerohanian Islam
Kelas X Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memiliki aqidah yang benar | 1.1. Tidak terkotori oleh bentuk-bentuk kemusyrikan 1.2. Tidak meminta tolong kepada orang yang berlindung kepada selain Alloh SWT 1.3. Tidak menghadiri majelis dukun dan peramal 1.4. Mengimani rukun iman 1.5. Tidak mengikuti langkah-langkah syetan 1.6. Menerima dan tunduk secara penuh kepada Alloh SWT dan tidak berhukum kepada selain yang diturunkan-Nya |
2. Siswa mampu melakukan beladiri pencak silat tingkat dasar | 2.1. Dapat wudlu maupun tayamum dengan benar secara istiqomah 2.2. Dapat melaksanakan sholat 5 waktu dengan benar secara istiqomah 2.3. Melaksanakan puasa fardlu secara istiqomah 2.4. Menjauhi dosa besar 2.5. Menahan anggota tubuh dari segala yang haram |
Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
3. Memiliki sifat-sifat terpuji dan perangai Islami asasi | 3.1. Tidak takabur 3.2. Tidak asal ikut dan tidak punya pendirian 3.3. Tidak dusta 3.4. Tidak mencaci maki 3.5. Tidak mengadu domba 3.6. Tidak ghibah 3.7. Tidak menjadikan orang buruk sebagai teman atau sahabat 3.8. Memenuhi janji 3.9. Birrul Walidain 3.10. Jujur, amanah, cerdas dan dapat dipercaya |
4. Memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas | 4.1. Baik dalam membaca dan menulis arab 4.2. Memperhatikan hukum-hukum tilawah 4.3. Mengenal 10 sahabat yang dijamin masuk surga 4.4. Mengetahui hukum thagarah, sholat, puasa 4.5. Mengetahui bahaya ghazwul fikri |
Kelas XI Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
5. Memiliki aqidah yang benar | 5.1. Mensyukuri nikmat Alloh SWT saat ketika mendapat nikmat 5.2. Mengiklaskan amal untuk Alloh SWT 5.3. Beriman kepada nimat dan siksa kubur |
6. Melaksanakan ibadah dengan benar | 6.1. Bersemangat untuk sholat berjamaah 6.2. Melaksanakan Qiyamul Lail minimal sekali sepekan 6.3. Melaksanakan sholat dhuha minimal tiga kali sepekan 6.4. Hapal surat An Nas s/d Adh-Dhuha 6.5. Khusyuk dalam membaca Al Qur’an 6.6. Merutinkan dzikir pagi dan sore hari 6.7. Menutup hari-harinya dengan bertaubat |
7. Memiliki sifat-sifat terpuji dan perangai Islami asasi | 7.1. Tidak memotong pembicaraan orang lain 7.2. Tidak mencibir dengan isyarat apapun 7.3. Tidak menghina dan meremehkan orang lain 7.4. Menyayangi yang kecil 7.5. Menghormati yang besar 7.6. Menundukkan pandangan 7.7. Menyimpan rahasia 7.8. Menutupi aib orang lain 7.9. Membantu yang membutuhkan dan memberi petunjuk yang tersesat |
Semester 2
8. Memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas | 8.1. Mengetahui organisasi-organisasi terselubung yang dilarang oleh MUI dan tidak menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga yang menentang Islam 8.2. Ikut berpartisipasi dalam dakwah sekolah 8.3. Memperluas wawasan diri dengan sarana-sarana terbaru 8.4. Berani mengemukakan pendapat dan bisa menjadi pendengar yang baik 8.5. Membaca buku diluar spesialisasinya 4 jam setiap pekan |
9. Memiliki fisik yang sehat | 9.1. Bersih badan, pakaian dan tempat tinggal 9.2. Berolah raga 2 jam setiap pekan 9.3. Komitmen dengan adab-adab makan dan minum sesuai dengan sunnah 9.4. Tidak merokok dan bangun sebelum fajar |
10. Menjauhi hawa nafsu | 10.1. Menjauhi segala yang haram 10.2. Menjauhi tempat-tempat yang maksiat |
Jurnalistik / Mading
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami berbagai wacana tulis berbentuk paparan singkat maupun paparan lengkap dari berbagai bidang | 1.1. Memperoleh informasi, informasi khusus, informasi aktual dari wacana tulis tentang tentang berbagai bidang 1.2. Memperoleh informasi yang bersifat menghibur (reaktif) 1.3. Mengidentifikasi wacana yang bernilai dalam bidang jurnalistik (berita, hiburan) |
2. Mengungkapkan informasi tertulis dalam berbagai bentuk paparan dan karya | 2.1. Mengemukakan pendapat dalam wacana tulis dari hasil membaca 2.2. Mengungkapkan berbagai pendapat untuk memberi informasi yang aktual dalam bentuk berita, ilustrasi dan berita 2.3. Mengungkapkan berbagai perasaan dengan berbagai karya yang menghibur (cerpen, puisi, pantun dan lain-lain) 2.4. Mengorganisasikan hasil karya dalam berbagai bentuk (mading, buletin dan majalah) |
Seni Baca Al Qur’an
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memiliki pemahaman dan penghayatan yang mendalam terhadap ajaran Islam tentang tajwid, suara dan pernafasan | 1.1. Tajwid hukum bacaan tanwin dan nun sukun 1.2. Pemahaman tentang makhorijul hufuf 1.3. Menerapkan cara-cara pernafasan 1.4. Melaksanakan praktik tartilul Qur’an |
2. Memilki pemahaman dan penghayatan yang mendalam terhadap ajaran Islam tentang variasi dan lagu Al Qur’an dan pengetrapan tentang fashohah | 2.1. Menjelaskan variasi lagu 2.2. Menjelaskan tentang bacaan mad 2.3. Menjelaskan waqof dan washoi 2.4. Menerapkan lagu selingan dan panduan |
Teater
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami dan terampil mengungkapkan diri baik secara individual maupun
dan penerapan
| 1.1. Mempelajari teknik-teknik mengungkapkan diri secara individual
1.2. Mempraktekkan teknik mengungkapkan diri |
2. Memahami dan mampu menyusun cerita/drama secara sederhana dan
| 2.1. Mempelajari teknik-teknik penyusunan cerita/drama 2.2. Mampu menyusun cerita/drama |
3. Memahami dan menguasai berbagai dasar bermain drama secara sederhana melalui penerapan konsep dalam latihan dan bermain
| 3.1. Mempelajari berbagai dasar bermain drama 3.2. Mempraktekkan bermain drama |
KETUNTASAN BELAJAR
Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan potensi dan kemampuan peserta didik dan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar, maka untuk menentukan proses ketuntasan belajar maka dibuatlah Standar Ketuntasan Belajar Minimal yang disingkat SKBM.
SKBM ini dibuat oleh masing-masing guru bidang studi yang penetapannya diawal tahun ajaran baru dan tidak menutup kemungkinan setiap tahunnya penetapan SKBM ini akan berubah-ubah.
Misal :
Matematika SKBM = 60
-
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
Kognitif
Psykomotorik
Afektif
1
Ali
60
61
B
Sesuai SKBM/tuntas
2
Amir
71
55
B
Dibawah SKBM/tdk tuntas
3
Ani
50
65
C
Dibawah SKBM/tdk tuntas
4
Budi
70
65
D/E
Dibawah SKBM/tdk tuntas
Bagi siswa yang belum tuntas diadakan remidi, sedangkan yang sudah tuntas diadakan pengayaan.
SISTEM PENILAIAN
Untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam belajar, maka perlu diadakan tes / ujian baik secara lisan, tertulis dan praktek yang penekanannya meliputi 3 aspek yaitu :
Aspek Kognitif
Aspek Psykomotor
Aspek Afektif
Untuk aspek kognitif dan psykomotor penekanan dalam bentuk kuantitatif yang berkisar 0 – 100, sedangkan aspek afektif menggunakan sistem kualitatif yang menggunakan huruf A – E
KENAIKAN
Untuk kriteria kenaikan kelas dari kelas X ke kelas XI
Kenaikan kelas mempertimbangkan nilai raport semester 2 (genap)
Peserta didik dinyatakan NAIK ke kelas XI, apabila yang bersangkutan memiliki :
Mata pelajaran yang tidak mencapai Ketuntasan Belajar Minimum (SKBM), maksimum 3 mata pelajaran.
Kehadiran minimal 90%
Memiliki nilai kepribadian (non akademik) minimal cukup baik
Peserta didik dinyatakan NAIK ke kelas XII, apabila yang bersangkutan memiliki :
Mata pelajaran yang tidak mencapai Ketuntasan Belajar Minimum (SKBM), maksimum 3 mata pelajaran
Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), semua mata pelajaan yang menjadi ciri khas jurusan (matematika, fisika, kimia, dan biologi) harus mencapai Ketuntasan Belajar.
Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), semua mata pelajaan yang menjadi ciri khas jurusan (ekonomi, geografi, sejarah dan sosiologi) harus mencapai Ketuntasan Belajar.
Untuk jurusan Bahasa, semua mata pelajaan yang menjadi ciri khas jurusan (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Teknologi Informatika dan Komunikasi) harus mencapai Ketuntasan Belajar.
Kehadirannya minimal 90%
Memiliki nilai kepribadian (non akademis) minimal cukup baik
PENJURUSAN
Untuk menampung potensi, minat dan kemampuan peserta didik di MAN 3 Kediri dibuka 3 jurusan.
Program (jurusan) meliputi :
Program / jurusan Bahasa
Program / jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Program / jurusan Ilmu Pengetahuan sosial (IPS)
Pelaksanaan penjurusan dilakukan pada akhir semester 2 (genap) di kelas X.
Kriteria penjurusan :
Peserta didik yang bersangkutan naik ke kelas XI
Peserta didik dinyatakan masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, apabila yang bersangkutan berminat ke jurusan IPA dan mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan IPA (matematika, fisika, kimia, dan biologi) memenuhi syarat yang telah ditetapkan dan tuntas
Peserta didik dinyatakan masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosisal, apabila yang bersangkutan berminat ke jurusan IPS dan mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan IPS (ekonomi, geografi, sejarah dan sosiologi) memenuhi syarat yang telah ditetapkan dan tuntas
Peserta didik dinyatakan masuk jurusan Bahasa, apabila yang bersangkutan berminat ke jurusan Bahasa dan mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Teknologi Informasi dan Komunikasi) memenuhi syarat yang telah ditetapkan dan tuntas
KRITERIA KELULUSAN UJIAN NASIONAL DAN UJIAN MADRASAH/SEKOLAH
Penentuan kelulusan sesuai dengan PP 19 / 2005 Pasal 72 Ayat (1) yaitu : peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah :
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Lulus ujian sekolah / madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
Lulus ujian nasional
Ketentuan mengenai ujian sekolah dan ujian nasional menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku (menunggu adanya POS)
PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL)
Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan oleh madrasah merupakan bagian integral dari pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Dengan demikian materi kecakapan hidup akan dperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang diemban oleh mata pelajaran yang bersangkutan. Perolehan dan peningkatan pendidikan kecakapan hidup dapat dilakukan dengan jalan melakukan kegiatan study wisata dan anjang sana pada tempat-tempat yang berkaitan dengan materi pelajaran atau juga dengan mendatangkan tentor, instruktur dan orang yang berkompeten dengan bidangnya.
PENDIDIKAN BERBASIS KARATERISTIK LOKAL DAN GLOBAL
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global adalah pendidikan yang memanfaatkan Keunggulan lokal dan daya saing global dalam Aspek Ekonomi,Budaya,Bahasa,Ekologi,teknologi informasi dan komunikasi dll,Untuk itu pendidikan di MAN 3 Kediri mengedepan ankan materi yang berkaitan dengan matapelajaran IPTEK,Mulok,Pengembangan diri yang berbasis teknologi Informasi dalam pembelajaran ; penggunaan Lap Top, LCD, Hot Spot, Internet. Sehingga Basis Pembelajaran ini bisa berintegral pada setiap mata pelajaran
0 komentar:
Post a Comment