| No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Alokasi Waktu |
-
| Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
| Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
| Q.S. Al-Baqarah; 30 Q.S. Al-Mukminun; 12-14 Q.S. Az-Zariyat; 56 Q.S. An Nahl: 78 | Siswa mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30 dengan benar. Siswa mampu membaca Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56 dengan benar. Siswa mampu membaca Q.S. AzZariyat: 56 dengan benar. Siswa mampu membaca An Nahl: 78 dengan benar. Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. AzZariyat: 56 Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S An Nahl: 78 | 2 x 45 Menit |
Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
| Q.S. Al-Baqarah; 30 Q.S. Al-Mukminun; 12-14 Q.S. Az-Zariyat; 56 Q.S. An Nahl: 78 | Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S. Almukminun; 12-14 dengan benar Siswa mampu mengartikan per-kata Az-Zariyat; 56 dengan benar. Siswa mampu mengartikan per-kata An Nahl: 78 dengan benar Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S. Almukminun; 12-14, dengan benar Siswa mampu mengartikan per-ayat Az-Zariyat; 56. dengan benar Siswa mampu mengartikan per-ayat An Nahl: 78 dengan benar Siswa mampu menterjemahkan Q.S. Almukminun; 12-14 dengan benar Siswa mampu mengartikan per-ayat, Az-Zariyat; 56. dengan benar Siswa mampu mengartikan per-ayat, An Nahl: 78 dengan benar | 2 x 45 Menit |
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
| Q.S. Al-Baqarah; 30 Q.S. Al-Mukminun; 12-14 Q.S. Az-Zariyat; 56 Q.S. An Nahl: 78 | Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30 Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Al Mukminun;12-14 Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Az Zariyah;56 Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam An Nahl;78 Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Al Mukminun;12-14, Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Az Zariyah;56 Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan An Nahl;78 Siswa mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan. | 2 x 45 Menit |
-
| Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
| Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
| Q.S. Al-An’am; 162-163 Q.S. Al-Bayyinah: 5 | | 2 x 45 Menit |
Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
| Q.S. Al-An’am; 162-163 Q.S. Al-Bayyinah: 5
| Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163 Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 Siswa mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163 | 2 x 45 Menit |
Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
| Q.S. Al-An’am; 162-163 Q.S. Al-Bayyinah: 5
| Siswa mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 Siswa mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 Siswa mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163 | 2 x 45 Menit |
-
| Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna
| Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
| | | 1 x 45 Menit |
|
| Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
| | | 1 x 45 Menit |
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
| | Siswa mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | 2 x 45 Menit |
-
| Membiasakan perilaku terpuji
| Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.
|
| Siswa mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah Siswa mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri. Siswa mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia. | 2 x 45 Menit |
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
|
| Siswa mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah Siswa mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri. Siswa mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia. | 1 x 45 Menit |
Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
| | Siswa mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah Siswa mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. Siswa mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia. | 1 x 45 Menit |
1.
| Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
| Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
| | Siswa mampu menyebutkan pengertian Al-Quran sebagai sumber hukum Islam Siswa mampu menyebutkan pengertian Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam Siswa mampu menyebutkan pengertian Ijtihad sebagai sumber hukum Islam Siswa mampu menjelaskan kedudukan Al-Quran sebagai sumber hukum Islam Siswa mampu menjelaskan kedudukan Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam Siswa mampu menjelaskan kedudukan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam Siswa mampu menjelaskan fungsi Al-Quran, sebagai sumber hukum Islam. Siswa mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam. Siswa mampu menjelaskan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. Siswa mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Quran. Siswa mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits. | 2 x 45 Menit |
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
| | Siswa mampu menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum islam Siswa mampu menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum islam Siswa mampu menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum islam. | 2 x 45 Menit |
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
| | Siswa mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi. Siswa mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. Siswa mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi | 2 x 45 Menit |
-
| Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
| Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.
| | Siswa mampu menjelaskan sejarah dakwah rasulullah pada periode makkah. Siswa mampu menunjukkan profil dakwah rasulullah saw pada periode makkah. Siswa mampu menjelaskan pengaruh dakwah rasulullah saw terhadap umat. | 1 x 45 Menit |
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah
| | | 1 x 45 Menit |
-
| Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
| Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.
| Ali Imran : 159 Asy-Syura : 38 | Siswa mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dengan baik dan benar. Siswa mampu membaca Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar. Siswa mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dengan baik dan benar Siswa mampu mengidentifikasi Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar. | 2 x 45 Menit |
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.
| Ali Imran : 159 Asy-Syura : 38 | Siswa mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 Siswa mampu menyebutkan arti Asy-Syura; 38 Siswa mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159 Siswa mampu menyimpulkan kandungan isi Asy-Syura; 38 Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis. | 2 x 45 Menit |
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari
| Ali Imran : 159 Asy-Syura : 38 | | 2 x 45 Menit |
-
| Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
| Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.
|
| | 1 x 45 Menit |
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
|
| | 1 x 45 Menit |
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
| | 2 x 45 Menit |
-
| Membiasakan perilaku terpuji. | Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima tamu.
|
| Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian. Menjelaskan pengertian adab dalam berhias Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan. Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu | 2 x 45 Menit |
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
|
| Siswa mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian. Siswa mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias. Siswa mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan Siswa mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu. | 1 x 45 Menit |
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
| Praktik adab dalam, Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu dan atau menerima tamu | Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam berpakaian Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam berhias Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam perjalanan Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam bertamu Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam menerima tamu. | 1 x 45 Menit |
-
| Menghindari Perilaku Tercela
| Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
|
| Siswa mampu menjelaskan pengertian hasad Siswa mampu menjelaskan pengertian riya. Siswa mampu menjelaskan pengertian riya. Siswa mampu menjelaskan pengertian diskriminasi | 2 x 45 Menit |
Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
| | Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku hasad Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku riya Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi | 1 x 45 Menit |
Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
| | Siswa mampu menghindari perilaku hasad. Siswa mampu menghindari perilaku riya. Siswa mampu menghindari perilaku aniaya. Siswa mampu menghindari perilaku diskriminasi | 1 x 45 Menit |
-
| Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
| Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
| Siswa mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat. Siswa mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji. Siswa mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf. | 2 x 45 Menit |
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
| | Siswa mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat Siswa mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji Siswa mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf | 2 x 45 Menit |
Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
|
| Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji. Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf. | 2 x 45 Menit |
-
| Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah. | Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah.
|
| | 2 x 45 Menit |
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
| | | 2 x 45 Menit |
|
| Jumlah alokasi waktu semester I dan II | 56 x 45 Menit (28 X Pertemuan) |
0 komentar:
Post a Comment