Kesuksesan Adalah Milikku. Aku Akan Mendapatkanmu Walau Kemanapun Itu. Akan Kukejar Kamu Sampai Kemanapun Itu. Karena Kesuksesan Adalah Hak ku.

Tugas Prota Latif Jamaludin

File Doc (Klik)

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Satuan Pendidikan : SMAN Grogol 1

Kelas/Program : X

Tahun Pelajaran : 2010/2011



No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Alokasi Waktu

    1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

    1. Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78

    2. Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.

    3. Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.

  • Q.S. Al-Baqarah; 30

  • Q.S. Al-Mukminun; 12-14

  • Q.S. Az-Zariyat; 56

  • Q.S. An Nahl: 78

6 x 45 Menit

    1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.

    1. Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

    2. Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

    3. Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

  • Q.S. Al-An’am; 162-163

  • Q.S. Al-Bayyinah: 5


6 x 45 Menit

    1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna

    1. Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

    2. Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

    3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

  • 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

  • Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna

4 x 45 Menit

    1. Membiasakan perilaku terpuji

    1. Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.

    2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

    3. Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pengertian Perilaku Husnu zhan

  • Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

  • Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.


4 x 45 Menit

    1. Memahami sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

    1. Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

    2. Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

    3. Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Sumber hukum Islam:

  • Pengertian hukum taklifi.

  • Kedudukan hukum taklifi.

  • Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam

  • Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

6 x 45 Menit

    1. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

    1. Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.

    2. Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah

  • Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.

  • Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

2 x 45 Menit


Jumlah alokasi waktu semester I

28 x 45 Menit (14 X Pertemuan)


No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Alokasi Waktu

    1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi

    1. Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.

    2. Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.

    3. Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.

  • Ali Imran : 159

  • Asy-Syura : 38

6 x 45 Menit

    1. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.


    1. Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.

    2. Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.

    3. Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

  • Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat.

  • Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat

  • Perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat

4 x 45 Menit

    1. Membiasakan perilaku terpuji.


    1. Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima tamu.

    2. Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.

    3. Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pengertian Adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

  • Contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.

  • Praktik adab dalam, Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu dan atau menerima tamu.

4 x 45 Menit

    1. Menghindari Perilaku Tercela


    1. Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

    2. Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

    3. Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari

  • Pengertian Hasad, Riya, Aniaya dan Diskriminasi.

  • Contoh-contoh perilaku Hasad, Riya, Aniaya dan diskriminasi

  • Menghindari perilaku, Hasad, Riya, Aniaya dan diskriminasi

4 x 45 Menit

    1. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.




11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.

11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.

11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.

  • Perundang-undangan tentang pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf.

  • Contoh-contoh pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf.

  • Ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf.

6 x 45 Menit

    1. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.

12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah.

12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.

  • Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah.

  • Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

4 x 45 Menit


Jumlah alokasi waktu semester II

28 x 45 Menit (14 X Pertemuan)


Jumlah alokasi waktu semester I dan II

56 x 45 Menit (28 X Pertemuan)




RINCIAN PEKAN DAN JAM PELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Satuan Pendidikan : SMAN Grogol 1

Kelas/Program : X

Tahun Pelajaran : 2010/2011

  1. Jumlah Pekan Semester I dan II

No

Bulan

Jumlah Pekan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9

10.

11.

12.

JULI

AGUSTUS

SEPTEMBER

OKTOBER

NOVEMBER

DESEMBER

JANUARI

FEBRUARI

MARET

APRIL

MEI

JUNI

3

4

2

3

4

2

3

4

4

4

4

2


Jumlah

32



  1. Jumlah Pekan Efektif Non Tatap Muka

No

Jenis Kegiatan

Jumlah Pekan


MOS

PEKAN ULANGAN HARIAN

UTS

UAS

CLASMETING

UJIAN NASIONAL

UJIAN SEKOLAH

PEMBAGIAN RAPOR

1

6

2

2

2

1

1

1


Jumlah

16


Jumlah pekan efektif tatap muka 32 pekan

Jumlah Pekan Efektif Non Tatap Muka 16 pekan

  1. Distribusi Alokasi Waktu

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Alokasi Waktu

    1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

    1. Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78

  • Q.S. Al-Baqarah; 30

  • Q.S. Al-Mukminun; 12-14

  • Q.S. Az-Zariyat; 56

  • Q.S. An Nahl: 78

  • Siswa mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30 dengan benar.

  • Siswa mampu membaca Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56 dengan benar.

  • Siswa mampu membaca Q.S. AzZariyat: 56 dengan benar.

  • Siswa mampu membaca An Nahl: 78 dengan benar.

  • Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30,

  • Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56.

  • Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. AzZariyat: 56

  • Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S An Nahl: 78

2 x 45 Menit

    1. Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.

  • Q.S. Al-Baqarah; 30

  • Q.S. Al-Mukminun; 12-14

  • Q.S. Az-Zariyat; 56

  • Q.S. An Nahl: 78

  • Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S. Almukminun; 12-14 dengan benar

  • Siswa mampu mengartikan per-kata Az-Zariyat; 56 dengan benar.

  • Siswa mampu mengartikan per-kata An Nahl: 78 dengan benar

  • Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S. Almukminun; 12-14, dengan benar

  • Siswa mampu mengartikan per-ayat Az-Zariyat; 56. dengan benar

  • Siswa mampu mengartikan per-ayat An Nahl: 78 dengan benar

  • Siswa mampu menterjemahkan Q.S. Almukminun; 12-14 dengan benar

  • Siswa mampu mengartikan per-ayat, Az-Zariyat; 56. dengan benar

  • Siswa mampu mengartikan per-ayat, An Nahl: 78 dengan benar

2 x 45 Menit

    1. Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.

  • Q.S. Al-Baqarah; 30

  • Q.S. Al-Mukminun; 12-14

  • Q.S. Az-Zariyat; 56

  • Q.S. An Nahl: 78

  • Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30

  • Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Al Mukminun;12-14

  • Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Az Zariyah;56

  • Siswa mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam An Nahl;78

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30,

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Al Mukminun;12-14,

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Az Zariyah;56

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan An Nahl;78

  • Siswa mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

2 x 45 Menit

    1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.

    1. Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

  • Q.S. Al-An’am; 162-163

  • Q.S. Al-Bayyinah: 5

  • Siswa mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan benar

  • Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163

2 x 45 Menit

    1. Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

  • Q.S. Al-An’am; 162-163

  • Q.S. Al-Bayyinah: 5


  • Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163

  • Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163

  • Siswa mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163

2 x 45 Menit

    1. Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

  • Q.S. Al-An’am; 162-163

  • Q.S. Al-Bayyinah: 5


  • Siswa mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163

  • Siswa mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163

2 x 45 Menit

    1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna

    1. Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

  • 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

  • Siswa mampu menyebutkan arti sifat Allah.

  • Siswa Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

1 x 45 Menit


    1. Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

  • 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

  • Siswa mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

  • Siswa mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia

1 x 45 Menit

    1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

  • Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna

  • Siswa mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  • Siswa mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

2 x 45 Menit

    1. Membiasakan perilaku terpuji

    1. Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.

  • Pengertian Perilaku Husnu zhan


  • Siswa mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah

  • Siswa mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.

  • Siswa mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.

2 x 45 Menit

    1. Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

  • Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.


  • Siswa mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah

  • Siswa mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.

  • Siswa mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.

1 x 45 Menit

    1. Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Siswa mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah

  • Siswa mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.

  • Siswa mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

1 x 45 Menit

    1. 1.

    1. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

    1. Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

  • Sumber hukum Islam:

  • Siswa mampu menyebutkan pengertian Al-Quran sebagai sumber hukum Islam

  • Siswa mampu menyebutkan pengertian Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam

  • Siswa mampu menyebutkan pengertian Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

  • Siswa mampu menjelaskan kedudukan Al-Quran sebagai sumber hukum Islam

  • Siswa mampu menjelaskan kedudukan Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam

  • Siswa mampu menjelaskan kedudukan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

  • Siswa mampu menjelaskan fungsi Al-Quran, sebagai sumber hukum Islam.

  • Siswa mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam.

  • Siswa mampu menjelaskan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

  • Siswa mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Quran.

  • Siswa mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.

2 x 45 Menit

    1. Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

  • pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

  • Siswa mampu menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum islam

  • Siswa mampu menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum islam

  • Siswa mampu menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum islam.

2 x 45 Menit

    1. Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Siswa mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.

  • Siswa mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.

  • Siswa mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi

2 x 45 Menit

    1. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

    1. Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.

  • Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.

  • Siswa mampu menjelaskan sejarah dakwah rasulullah pada periode makkah.

  • Siswa mampu menunjukkan profil dakwah rasulullah saw pada periode makkah.

  • Siswa mampu menjelaskan pengaruh dakwah rasulullah saw terhadap umat.

1 x 45 Menit

    1. Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah

  • Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

  • Siswa mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.

  • Siswa mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah

1 x 45 Menit

    1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi

    1. Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.

  • Ali Imran : 159

  • Asy-Syura : 38

  • Siswa mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dengan baik dan benar.

  • Siswa mampu membaca Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.

  • Siswa mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dengan baik dan benar

  • Siswa mampu mengidentifikasi Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.

2 x 45 Menit

    1. Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.

  • Ali Imran : 159

  • Asy-Syura : 38

  • Siswa mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159

  • Siswa mampu menyebutkan arti Asy-Syura; 38

  • Siswa mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159

  • Siswa mampu menyimpulkan kandungan isi Asy-Syura; 38

  • Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.

2 x 45 Menit

    1. Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari

  • Ali Imran : 159

  • Asy-Syura : 38

  • Siswa mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159

  • Siswa mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38

2 x 45 Menit

  1. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.


    1. Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.

  • Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat.


  • Siswa mampu menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat

  • Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.

1 x 45 Menit

    1. Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.

  • Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat


  • Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat

  • Siswa mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat

1 x 45 Menit

    1. Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

  • Perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat


  • Siswa mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.

  • Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat

2 x 45 Menit

  1. Membiasakan perilaku terpuji.

    1. Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima tamu.

  • Pengertian Adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu


  • Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.

  • Menjelaskan pengertian adab dalam berhias

  • Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.

  • Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu

2 x 45 Menit

    1. Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.

  • Contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.


  • Siswa mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.

  • Siswa mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.

  • Siswa mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan

  • Siswa mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.

1 x 45 Menit

    1. Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.

  • Praktik adab dalam, Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu dan atau menerima tamu

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam berpakaian

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam berhias

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam perjalanan

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam bertamu

  • Siswa mampu mempraktikkan perilaku dengan benar dalam menerima tamu.

1 x 45 Menit

  1. Menghindari Perilaku Tercela


    1. Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

  • Pengertian Hasad, Riya, Aniaya dan Diskriminasi.


  • Siswa mampu menjelaskan pengertian hasad

  • Siswa mampu menjelaskan pengertian riya.

  • Siswa mampu menjelaskan pengertian riya.

  • Siswa mampu menjelaskan pengertian diskriminasi

2 x 45 Menit

    1. Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

  • Contoh-contoh perilaku Hasad, Riya, Aniaya dan diskriminasi

  • Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku hasad

  • Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku riya

  • Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya

  • Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

1 x 45 Menit

    1. Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari

  • Menghindari perilaku, Hasad, Riya, Aniaya dan diskriminasi

  • Siswa mampu menghindari perilaku hasad.

  • Siswa mampu menghindari perilaku riya.

  • Siswa mampu menghindari perilaku aniaya.

  • Siswa mampu menghindari perilaku diskriminasi

1 x 45 Menit

  1. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.




    1. Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.

  • Perundang-undangan tentang pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf.


  • Siswa mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.

  • Siswa mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.

  • Siswa mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.

2 x 45 Menit

    1. Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.

  • Contoh-contoh pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf.

  • Siswa mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat

  • Siswa mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji

  • Siswa mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf

2 x 45 Menit

    1. Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.

  • Ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf.


  • Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat

  • Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.

  • Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.

2 x 45 Menit

  1. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.

    1. Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah.

  • Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah.


  • Siswa mampu menjelaskan sejarah dakwah rasulullah pada periode madinah.

  • Siswa mampu menunjukkan profil dakwah rasulullah saw pada periode madinah.

2 x 45 Menit

    1. Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.

  • Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

  • Siswa mampu menjelaskan strategi dakwah rasulullah periode madinah.

  • Siswa mampu meneladani strategi dakwah rasulullah periode madinah

2 x 45 Menit


Jumlah alokasi waktu semester I dan II

56 x 45 Menit (28 X Pertemuan)









  1. Distribusi Waktu Non Tatap Muka

No.

Jenis Kegiatan

Waktu

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

MOS

PEKAN ULANGAN HARIAN

UTS

UAS

CLASMETING

UJIAN NASIONAL

UJIAN SEKOLAH

PEMBAGIAN RAPOR

2 x 45 Menit (1X Pertemuan)

12 x 45 Menit (6X Pertemuan)

4 x 45 Menit ( 2X Pertemuan )

4 x 45 Menit ( 2X Pertemuan )

4 x 45 Menit ( 2X Pertemuan )

2 x 45 Menit (1X Pertemuan)

2 x 45 Menit (1X Pertemuan)

2 x 45 Menit (1X Pertemuan)


Jumlah x 45 Menit efektif non tatap muka

32 x 45 Menit (16 X pertemuan)


Jumlah jam efektif seluruhnya

96 x 45 Menit (48 pertemuan)



Mengetahui

Kepala SMAN Grogol 1


Drs Ahmad Abror, M.Pd

NIP :

Kediri

Guru Mata Pelajaran PAI


M Latif Jamaludin

NIM : 932107908



0 komentar:

Post a Comment

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U