PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Nganjuk
Kelas/Program : XI/IPA
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Semester I
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Alokasi Waktu |
|
|
|
| 6 X 45 Menit (3 X Pertemuan) |
|
|
|
| 6 X 45 Menit (3 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 2 X 45 Menit (1 X Pertemuan) |
| Jumlah alokasi waktu semester I | 26 X 45 Menit (13 x Pertemuan) |
Smester II
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Alokasi Waktu |
|
|
|
| 6 X 45 Menit (3 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 4 X 45 Menit (2 X Pertemuan) |
|
|
|
| 2 X 45 Menit (1 X Pertemuan) |
| Jumlah alokasi waktu semester II | 28 X 45 Menit (14 x Pertemuan) | ||
| Jumlah alokasi waktu semester I dan II | 52 X 45 Menit (27 x Pertemuan) |
RINCIAN PEKAN DAN JAM PELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Nganjuk
Kelas/Program : XI/IPA
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Jumlah Pekan Semester I dan II
No | Bulan | Jumlah Pekan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9 10. 11. 12. | JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOVEMBER DESEMBER JANUARI FEBRUARI MARET APRIL MEI JUNI | 3 4 2 4 4 3 3 4 4 4 4 3 |
| Jumlah | 42 |
Jumlah Pekan Efektif Non Tatap Muka
No | Jenis Kegiatan | Jumlah Pekan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | MOS PEKAN ULANGAN HARIAN UTS UAS CLASMETING dan PEMBAGIAN RAPOR UJIAN NASIONAL UJIAN SEKOLAH | 1 6 2 2 2 1 1 |
| Jumlah | 15 |
Jumlah pekan efektif dalam satu tahun 42 pekan
Jumlah pekan efektif Non Tatap Muka 15 pekan
Distribusi Alokasi Waktu
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Alokasi Waktu
Memahami ayat-ayat Al- Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
Surat Al Baqarah:148
Surat Al Fatir: 32
Siswa mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dengan benar
Siswa mampu membaca Q.S Al Fatir : 32 dengan benar
Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dengan benar
Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al Fatir : 32 dengan benar
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 3
Surat Al Baqarah:148
Surat Al Fatir: 32
Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah : 148 dengan benar.
Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S Al Fatir : 32 dengan benar.
Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dengan benar
Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Fatir : 32 dengan benar
Siswa mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah : 148 dengan benar
Siswa mampu menterjemah Q.S Al Fatir : 32 dengan benar
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
Surat Al Baqarah:148
Surat Al Fatir: 32
Siswa mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148
Siswa mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Fatir: 32
Siswa mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
Siswa mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Fatir : 32.
Siswa mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
Siswa mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Fatir : 32
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa
Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
Al Quran Surat Al Isra : 26-27
Al Quran Surat Al Baqarah : 177
Siswa mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dengan benar
Siswa mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 177 dengan benar
Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27
Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al Baqarah: 177
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
Al Quran Surat Al Isra : 26-27
Al Quran Surat Al Baqarah : 177
Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27
Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Baqarah : 177
Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27
Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S Al Baqarah : 177
Siswa mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27
Siswa mampu mendiskusikan terjemah Q.S Al Baqarah: 177
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
Al Quran Surat Al Isra : 26-27
Al Quran Surat Al Baqarah : 177
Siswa mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27
Siswa mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S Al Baqarah : 177
Siswa mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27
Siswa mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S Al Baqarah : 177
Siswa mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27
Siswa mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah : 177
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
Tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
Siswa mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Siswa mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
Contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
Siswa mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Siswa mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
1 x45 Menit
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
Siswa mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
1 x45 Menit
Membiasakan berperilaku terpuji
Menjelaskan pengertian taubat dan raja’
Pengertian Taubat dan Raja’
Siswa mampu menjelaskan pengertian taubat
Siswa mampu menjelaskan pengertian raja’
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja
Contoh Perilaku Taubat dan Raja’
Siswa mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
Siswa mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’
1 x45 Menit
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari
Pembiasaan Taubat dan Raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa terbiasa berperilaku bertaubat dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa terbiasa berperilaku raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
1 x45 Menit
Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
Asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
Siswa mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
Siswa mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
Siswa mampu menjelaskan macam-macam jual beli.
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
Contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Siswa mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Siswa mampu mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
1 x45 Menit
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
Penerapan transaksi ekonomi dalam Islam
Siswa mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
Siswa mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
Siswa mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
1 x45 Menit
Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800)
Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
Contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Siswa mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada abad pertengahan.
Siswa mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang peradaban pada abad pertengahan.
Siswa mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan
1 x45 Menit
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
Perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Siswa mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Siswa mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
1 x45 Menit
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
Q.S. Ar-Rum; 41-42
Q.S. Al-A’raf;56-58
Q.S. As-Shad; 27
Siswa mampu membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42
Siswa mampu membaca Al-Quran surat Al-A’raf;56-58
Siswa mampu membaca Al-Quran surat As-Shad; 27 dengan baik dan benar
Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
Q.S. Ar-Rum; 41-42
Q.S. Al-A’raf;56-58
Q.S. As-Shad; 27
Siswa mampu mengartikan per-kata Al-Quran surat Ar-Rum;41-42
Siswa mampu mengartikan per-kata Al-Quran surat Al-A’raf;56-58
Siswa mampu mengartikan per-kata Al-Quran surat As-Shad; 27
Siswa mampu mengartikan per-ayat Al-Quran surat Ar-Rum;41-42
Siswa mampu mengartikan per-ayat Al-Quran surat Al-A’raf;56-58
Siswa mampu mengartikan per-ayat Al-Quran surat As-Shad; 27
Siswa mampu menterjemahkan Al-Quran surat Ar-Rum;41-42
Siswa mampu menterjemahkan Al-Quran surat Al-A’raf;56-58
Siswa mampu menterjemahkan Al-Quran surat As-Shad; 27
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27
Q.S. Ar-Rum; 41-42
Q.S. Al-A’raf;56-58
Q.S. As-Shad; 27
Siswa mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkungan hidup
Siswa mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Siswa mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
Iman kepada kitab-kitab Allah
Siswa mampu menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
Siswa mampu menunjukkan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
Hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
Siswa mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
Siswa mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Membiasakan perilaku terpuji
Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
Menghargai karya orang lain.
Siswa mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
Siswa mampu menghargai karya orang lain.
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain
Contoh Perilaku yang menghargai karya orang lain
Siswa mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
Siswa mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
1 x45 Menit
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
Pembiasaan Perilaku yang menghargai karya orang lain
Siswa mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
Siswa mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
1 x45 Menit
Menghindari perilaku tercela
Menjelaskan pengertian dosa besar
Pengertian Dosa besar
Siswa mampu menjelaskan pengertian dosa.
Siswa mampu menjelaskan pengertian dosa besar
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
Contoh-contoh perbuatan dosa besar
Siswa mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
1 x45 Menit
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
Cara Menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
Siswa mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
Siswa mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.
1 x45 Menit
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
Tatacara Pengurusan Jenazah
Siswa mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
Siswa mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
Siswa mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
Siswa mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
Praktik tata cara pengurusan jenazah
Siswa mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
Siswa mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
Siswa mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
Siswa mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah
2x45 Menit (1X Pertemuan)
Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah
Pengertian Khutbah, Tabligh dan Dakwah
Siswa mampu menjelaskan pengertian khutbah.
Siswa mampu menjelaskan pengertian tabligh
Siswa mampu menjelaskan pengertian dakwah.
1x45 Menit
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah
Tatacara Khutbah, Tabligh dan Dakwah
Siswa mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
Siswa mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
Siswa mampu menjelaskan tatacara dakwah
1x45 Menit
Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah
Peragaan Khutbah, Tabligh dan Dakwah
Siswa mampu menyusun teks khutbah jumat
Siswa mampu menyusun teks dakwah.
Siswa mampu memperagakan khutbah
Siswa mampu memperagakan tabligh.
Siswa mampu memperagakan dakwah
2x45 Menit (1 x Pertemuan)
Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
Perkembangan Islam pada masa Modern.
Siswa mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern.
Siswa mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa modern.
1x45 Menit
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
Contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
Siswa mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.
Siswa mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.
1x45 Menit
Jumlah Jam Tatap Muka
52 X 45 Menit (27 x Pertemuan)
-
Distribusi Waktu Non Tatap Muka
No. | Jenis Kegiatan | Waktu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | MOS PEKAN ULANGAN HARIAN UTS UAS CLASMETING dan PEMBAGIAN RAPOR UJIAN NASIONAL UJIAN SEKOLAH | 2 x 45 Menit (1 x Pertemuan) 12 x 45 Menit (6X Pertemuan) 4 x 45 Menit (2X Pertemuan) 4 x 45 Menit (2X Pertemuan) 4 x 45 Menit (2X Pertemuan) 2 x 45 Menit (1 x Pertemuan) 2 x 45 Menit (1 x Pertemuan) |
| Jumlah | 30x45 Menit (15 x Pertemuan) |
*Keterangan jumlah pekan dan jam pelajaran
Jumlah pekan efektif dalam satu tahun adalah 42 pekan
Jumlah pekan efektif non tatap muka adalah 15 pekan
Jumlah pekan efektif tatap muka adalah jumlah pekan efektif satu tahun dikurangi jumlah efektif non tatap muka) yaitu
42 - 15 = 27 pekan
Jumlah jam efektif tatap muka adalah jumlah pekan efektis satu tahun dikali 2x45 menit yaitu
(42 x 2) 45 menit = 84 x 45 menit (84 jam pelajaran)
Jumlah jam efektif non tatap muka adalah
(15 x 2) 45 menit = 30 x 45 menit (30 jam pelajaran)
Jumlah jam efektif tatap muka adalah jumlah jam efektif dalam satu tahun dikurangi jumlah jam efektif non tatap muka yaitu
(84 jam pelajaran) - (30 jam pelajaran) = 54 jam pelajaran (54 x 45 menit)
Mengetahui Kepala SMAN 1 Nganjuk
Drs. Sunaryo, M.M NIP : | Nganjuk Guru Mata Pelajaran PAI
Mochamad Badrusalim, C, S.Pd I NIM : 9321 052 08 |
0 komentar:
Post a Comment