Kesuksesan Adalah Milikku. Aku Akan Mendapatkanmu Walau Kemanapun Itu. Akan Kukejar Kamu Sampai Kemanapun Itu. Karena Kesuksesan Adalah Hak ku.

Supervisi Pendidikan (Tugas Dosen)

File Doc (Klik)

Nama : Mochamad Badrusalim

NIM : 9321 052 08

Kelas : C

TUGAS SUPERVISI PENDIDIKAN
  1. Mata Kuliah dan Semester

Dalam pembahasan pelaksanaan supervisi pendidikan ini, dosen yang disupervisi dalam proses perkuliahan adalah pada mata kuliah Metodologi Studi Islam (MSI), dalam silabus sajian mata kuliah Program Studi Pendidikan Agama Islam berada pada semester pertama (I)

  1. Kompetensi dosen dalam proses perkuliahan

Kompetensi dosen dapat di kemukakan dahulu beberapa kriteria sebagai berikut:

Tabel Proses Belajar Mengajar1

Poin-poin yang disupervisi

Ya

Tidak

  1. Proses Mengajar Pada Umumnya

  1. Merumuskan tujuan pengajaran sarana opersional

  2. Berusaha untuk memenuhi kebutuhan nyata murid

  3. Membimbing murid di dalam cara mengemukakan pendapat

  4. Menolong murid dalam mengadakan hubungan dan mengubah pengalaman belajar terhadap pengalaman baru dalam tiap mata pelajaran

  5. Membantu murid dalam mengumpulkan dasar mengorganisir materi pelajaran yang di dalam hal belajarnya

  6. Membantu murid dalam menerapkan pengetahuan yang diperoleh

  7. Menilai hasil belajar murid

  1. Ketrampilan-Ketrampilan Khusus Dalam Mengajar

  1. Menaruh perhatian pada kebutuhan dan masalah-masalah pribadi dari murid

  2. Terampil menyeleksi materi pelajaran yang disajikan

  3. Terampil dalam mengomunikasikan pengalaman-pengalaman belajar murid

  4. Terampil dalam mengajukan pertanyaan

  5. Terampil dan menerapkan prosedur dan teknik-teknik mengajar

  6. Terampil dan menyusun rencana belajar mengajar secara sistematis

  1. Suasana Kelas

  1. Selalu memelihara disiplin kelas

  2. Mempercayakan suatu tanggung jawab kepada murid

  3. Memperhatikan keluhan dan usul murid

  4. Selalu mengusahakan pembentukan kebiasaan diantara murid

  5. Menghargai partisipasi murid dalam belajar

  6. Menciptakan suasana kelas yang tertib

  7. Selalu memelihara lingkungan



v

v


v






v


v





v


v







v

v

v


v

v



v







v







v


v




v


v



v







v





  1. Aspek Aspek Yang Perlu Ditingkatkan

Dari beberapa aspek diatas maka dapat disimpulkan beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari dosen Metodologi Studi Islam (MSI) adalah

    1. Kedisiplinan, meliputi kehadiran tidak tentu, jarang absensi, datang terlambat

    2. Kurang menerapkan perencanaan (RPP), sehingga materi yang disampaikan begitu luas dan kurang sistematis, tidak adanya outline mata kuliah, penugasan kurang

  1. Pembinaan Yang Harus Dilakukan

    1. Teknik Supervisi

Untuk meningkatkan kekurangan diatas yakni kedisiplinan dapat menggunakan teknik kelompok dengan diadakan Workshop, ataupun Outbond untuk meningkatkan kedisiplinan dan kebersamaan.

Supervisi yang perlu dilaksanakan untuk menerapkan perencanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan secara percakapan pribadi (individual conference), karena secara akademis dosen Metodologi Studi Islam telah mampu membuat perencanaan pembelajaran yang sistematis, namun hanya perlu ketrampilan saja dan mau melaksanakan perencanaan dengan baik.

    1. Pendekatan Supervisi

Pada kasus diatas pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan kolaboratif, cara pendekatan yang memadukan cara pendekatan direktif menjadi cara pendekatan baru. Perilaku supervisor dalam pendekatan ini adalah: menyajikan, menjelaskan, mendengarkan, memecahkan masalah dan negosiasi.

Tahab-tahab supervisi sebagai berikut 2:

  1. Percakapan awal : Supervisor bertemu dengan guru atau sebaliknya. Mereka membicarakan masalh yang dihadapi guru

  2. Observasi : Dalam percakapan awal supervisor berjanji akan mengobservasi kelas atau sebaliknya guru mengundang supervisor untuk mengadakan observasi kelas.

  3. Analisis/interpretasi : Dalam observasi digunakan alat pencatatan data. Data dianalisis dan ditafsir

  4. Percakapan akhir : Setelah data dianalisis lalu dibahas bersama dalam suatu percakapan

  5. Analisis akhir : Hasil percakapan yang dibahas bersama dalam suatu percakapan

  6. Diskusi : Tahab akhir diadakan diskusi

1 Piet A Sahertian.Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia(Jakarta:Rineka Cipta.2008),66-67.

2 Ibid.,51-52.


0 komentar:

Post a Comment

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U