PROPOSAL PENELITIAN
TINDAKAN KELAS (
PTK )
UPAYA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI
TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI
SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA KULON
Disusun
oleh :
NURSIDIK
KURNIAWAN, A.Ma.Pd.SD
PROPOSAL
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
I.
JUDUL
UPAYA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS
PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA KULON
BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA KULON
II.
BIDANG KAJIAN
Pembelajaran
Matematika dan Pemberian Pekerjaan Rumah.
III.
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Pendidikan
adalah investasi jangka panjang yang memperlukan usaha dan dana yang
cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi
kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesia menaruh
harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa
ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi
penerus dibentuk.
Meski
diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang
harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya
dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini
Indonesia masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik
dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah
dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata
rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait
dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah
Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sampai saat ini masih
jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa kita masih ingat dengan
hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai
masing – masing mata pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para
pendidik bahkan oleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak
atau siswanya tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu
terjadi. Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa
tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah pemberian
tugas berupa kepada siswa. Dengan pemberian pekerjaan rumah kepada
siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya,
sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap meteri yang
diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil
belajar atau prestasi siswa.
IV.
PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
- Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka
rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah
melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan
prestasi belajar Matematika bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri
1 Samudra Kulon ?
- Pemecahan Masalah
Siswa
yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan
menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau
kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikanya
perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah
maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan kertramilan
atau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang
dipelajarinya. Dengan pemberian PR secara rutin dan terorganisir
dengan baik paling tidak akan mampu mengkondisikan dalam bentuk
motifasi ekstinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh.
Uzer ( 1996:29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai
akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, atau
paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia
mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau belajar
karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama.”
Demikian
halnya dengan guru memberikan PR dengan harapan baik itu dirasa
memaksa bagi siswa atau itu karena disuruh sebagai tugas dengan
perasaan terpaksa, yang jelas mengkondisikan siswa harus belajar.
Dengan pola demikian tentunya anak yang lebih banyak belajar dirumah
akan lebih baik misalnya dalam mata pelajaran yang dikerjakan..
a.
Hipotensis
Hipotensisi
yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah :
“ Melalui
tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan hasil
belajar matematika bagi siswa kelas VI SDN 1 Samudra Kulon”
V.
TUJUAN PENELITIAN
1.
Tujuan Umum
Tujuan
peneliti yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi
guru dan siswa untuk meningkatkan belajar di rumah.
2.
Tujuan Khusus
Adapaun
tujuan khusus dari penelitian ini :
“Untuk
mengetahui apakah melalui pemberian pekerjaan rumah dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas VI SDN 1
Samudra Kulon.”
VI.
MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian
ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a.
SDN 1 Samudra Kulon
Dengan
hasil penelitian ini diharapkan SD Negeri 1 Samudra Kulon dapat lebih
meningkatkan pemberdayaan pemberian pekerjaan rumah agar prestasi
belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada
pelajaran lain.
b.
Guru
Sebagai
bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya.
c.
Siswa
Sebagai
bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan pekerjaan rumah dalam
rangka meningkatkan prestasi belajarnya.
VII.
KAJIAN PUSTAKA
- Landasan Teori
1.
Matematika
Istilah
Matematika berasal dari bahasa Yunani “Mathematikos” secara ilmu
pasti, atau “Mathesis” yang berarti ajaran, pengetahuan abstrak
dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik berdasarkan pengalaman
keindraan, tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari kaidah –
kaidah tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia).
Dalam
Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah Matematika
Sekolah yang dimaksudnya untuk memberi penekanan bahwa materi atau
pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP merupakan materi atau pokok
bahasan yang diajarkan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
(Direkdikdas : 1994 )
- Belajar
Skinner
berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang
belajar maka responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak
belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut Gagne belajar
adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi
limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru (
Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia
belajar diartikan berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu
kepandaian ( Purwadarminta : 109 )
Belajar
dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan olh guru
agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam
hal ini adalah pelajaran Matematika.
- Prestasi Belajar.
Prestasi
belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi
berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787 ). Sedangkan
pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu
(Depdikbud, 1995 : 14 ). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan
pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran,
lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru.
Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang
diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk
nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah
melaksanakan tugas yang diberikan padanya
- Teknik
Dalam
umum bahasa Indonesia teknik diartikakan cara (kepandaian, dsb)
membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian
(purwadarminta,: 1035). Sedangkan teknik yang dimaksud disini
adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan
kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang
diinginkan.
- Pekerjaan rumah
Pekerjaan
rumah atau yang lazim disebut PR dalam bahasa Inggris “Homework “
yang artinya mengerjakan pekerjaan rumah. Dalam penilitian ini yang
dimaksudkan dengan PR adalah sebuah tugas atau pekerjaan tertentu
baik tertulis atau lisan yang harus dikerjakan diluar jam sekolah
(terutama dirumah) berkaitan dengan pelajaran yang telah
disampaikan guru untuk meningkatkan penguasaan konsep atau
ketrampilan dan sekaligus memberikan pengembangan.
VIII.
RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
- Rencana Penelitian
1.
Subjek penelitian
Subyek
dalam peniltian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Samudra Kulon
kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas jumlah siswa 38 orang.
Pertimbangan
penulis mengambil subyek penilitiann tersebut dimana siswa kelas VI
telah mampu dan memiliki kemandirian dalam mengerjakan tugas seperti
PR, karena siswa kelas VI telah mampu membaca dan menulis serta
berhitung yang cukup. Selain itu penulis pengajar di kelas VI.
2.
Tempat Penelitian
Dalam
penilitian ini penulis mengambil lokasi di SD Negeri 1 Samudra Kulon,
kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas penulis mengambil lokasi atau
tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut,
sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan
subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3.
Waktu Penelitian
Dengan
beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu
penelitian selama 3 bulan Agustus s.d Oktober. Waktu
dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut
pada semester I Tahun pelajaran 2007/2008.
4.
Lama Tidakan
Waktu
untuk melaksanakan tindakan pada bulan Okteber, mulai dari siklus I,
Siklus II dan Siklus III.
- Prosedur Penelitian
Prosedur
penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1.
Perencanaan
Meliputi
penyampaian materi pelajaran, latian soal, pembahasan latian soal,
tugas pekerjaan rumah ( kegiatan penelitian utama ) pembahasan PR,
ulangan harian.
2.
Tindakan ( Action )/ Kegiatan, mencakup
a.
Siklus I, meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b.
Siklus II ( sama dengan I )
c.
Siklus III ( sama dengan I dan II )
3.
Refleksi, dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus
tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari
penelitian.
IX.
JADWAL PENELITIAN
No
|
KEGIATAN
|
MINGGU
KE……..
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengumpulan
Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Analisis
Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Penyusunan
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Pelaporan
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X.
BIAYA PENELITIAN
Akibat
yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti,
adapun biaya tersebut adalah :
1.
Fotocopy Naskah
: Rp
2. Kerta folio 1 pack : Rp
3. jilid buku : Rp
4. Rental Komputer : Rp
5. lain – lain : Rp
2. Kerta folio 1 pack : Rp
3. jilid buku : Rp
4. Rental Komputer : Rp
5. lain – lain : Rp
JUMLAH
: Rp
XI.
PERSONALIA PENELITI
Penelitian
ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim tersebut adalah :
1.
Nama
:
NURSIDIK
KURNIAWAN
NIM
: 813846371
Pekerjaan
: Guru Wiyata Bakti SDN 1 Samudra Kulon
Tugas
dalam penelitian : Pengumpulan dan Analisis Data
0 komentar:
Post a Comment