Kesuksesan Adalah Milikku. Aku Akan Mendapatkanmu Walau Kemanapun Itu. Akan Kukejar Kamu Sampai Kemanapun Itu. Karena Kesuksesan Adalah Hak ku.

Perangkat Pembelajaran Lengkap SMAN 1 Prambon

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
ASPEK AL-QUR’AN

SATUAN PENDIDIKAN : UPTD SMAN 1 PRAMBON
TAHUN PELAJARAN : 2010/2011
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 1
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami ayat-ayat al Qur-an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Membaca Q.S Al Baqarah 30, Q.S Al Mukminun 12 – 14, Q.S Adz Dzariyat 56, Q.S An Nahl 78
INDIKATOR : 1. Melafalkan huruf hijaiyah
2. Melafalkan huruf hijaiyah berharakat
3. Melafalkan huruf hijaiyah bersambung
4. Melafalkan huruf hijaiyah dalam satu kata
5. Melafalkan huruf hijaiyah dalam satu kalimat
    1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melatih, melafalkan huruf hijaiyah
  2. Melatih, mengenalkan fungsi syakal/harakat
  3. Mengenal hukum bacaan idhar, idgham, ikhfa’, iqlab dan qalqalah
    1. MATERI PEMBELAJARAN
Membaca Q.S Al Baqarah 30, Q.S Al Mukminun 12 – 14, Q.S Adz Dzariyat 56, Q.S An Nahl 78
    1. METODE PEMBELAJARAN
  1. Tanya jawab
  2. Diskusi kelompok
  3. Pemberian tugas (Portofolio)
  1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
        1. KEGIATAN AWAL
  1. Guru mengadakan appersepsi.
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
        1. KEGIATAN INTI
  1. Guru membagi kelompok diskusi dalam kelas
  2. Siswa melafalkan huruf hijaiyah, huruf bersambung, kata dan kalimat.
  3. Siswa mengidentifikasi hukum bacaan idhar, idgham, ikfa, iqlab dan qolqolah
dalam Q.S Al Baqarah 30, Q.S Al Mukminun 12 – 14, Q.S Adz Dzariyat 56, Q.S An Nahl 78
        1. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaporkan hasil diskusi.
2. Guru memberikan penekanan dan kesimpulan hasil diskusi
2. Siswa mengumpulan tugas porto folio ( tentang hukum bacaan)
  1. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1. Al Qur’an dan terjemah Depag RI
2. CD Makharijul huruf
  1. PENILAIAN
1. Bacalah dengan baik dan benar
Q.S Al Baqarah 30,Q.S Al Mukminun 12 – 14, Q.S Adz Dzariyat 56, Q.S An Nahl 78
2. Tulislah dalam Porto folio bacaan-bacaan idhar, idgham, ikhfa’, iqlab dan qalqalah
No
Bacaan
Idhar
Idgham
Ikhfa’
Iqlab
Qalqalah
Jumlah
1
Q.S Al Baqarah 30


















2
Q.S Al Mukminun 12-14

















3
Q.S Adz Dzariyat 56

















4
Q.S An Nahl 78


















Jumlah

















Jumlah perolehan
Nilai = -------------------- ----- x 100 = . . . . . . . . .
Jumlah maksimum

Guru Mata Pelajaran,



Drs. MACHSUN KHORIRI                         EVI YUNIKASARI, S.Pd.I

Mengetahui,
Kepala UPTD SMAN 1 Prambon



Drs. ACHMAD TURMUDI
Penata TK I
 NIP. 19540715 198003 1 124

0 komentar:

Post a Comment

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U